Keberadaan General Price Level Accounting Sebagai Supplement Report Pada Laporan Keuangan Konvensional Untuk Informasi Tambahan Dalam Pengambilan Keputusan (Studi dilakukan terhadap Laporan Keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.)

Widyatama Repository

Keberadaan General Price Level Accounting Sebagai Supplement Report Pada Laporan Keuangan Konvensional Untuk Informasi Tambahan Dalam Pengambilan Keputusan (Studi dilakukan terhadap Laporan Keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.)

Show full item record

Title: Keberadaan General Price Level Accounting Sebagai Supplement Report Pada Laporan Keuangan Konvensional Untuk Informasi Tambahan Dalam Pengambilan Keputusan (Studi dilakukan terhadap Laporan Keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk.)
Author: Kusnadi, Asep Munazat Zatnika
Abstract: Kondisi perekonomian yang sulit diprediksi, dengan tingkat inflasi yang berfluktuasi tak terkendali menjadi permasalahan baru dalam dunia akuntansi. Dasar permasalahan itu adalah bahwa metode akuntansi konvensional yang berbasiskan Historical Cost Accounting (HCA) tidak bisa menjawab permasalahan kondisi ekonomi tersebut. Imbasnya adalah ketidakakuratan laporan keuangan yang disusun berdasarkan konsep HCA. Ketidakakuratan tersebut didasarkan syarat bahwa laporan keuangan harus dapat dipahami, relevan, memiliki keandalan dan dapat diperbandingkan. Selain itu Laporan Keuangan Konvensional dianggap tidak interpretatif dan tidak memilki tingkat relevansi yang cukup ketika tingkat inflasi tinggi. Untuk menjawab permasalahan tersebut maka keberadaan laporan Keuangan yang berdasarkan konsep tingkat harga umum atau Laporan Keuangan dengan konsep General Price Level Accounting (GPLA) patut untuk dipertimbangkan sebagai laporan tambahan (supplement) atas laporan berbasis HCA. Dengan pertimbangan kondisi diatas, penelitian ini membahas sejauh mana Laporan Keuangan yang berkonsep GPLA mampu menjawab kekurangan yang ada pada konsep HCA, dengan menggunakan analisa NOD (Number of Dollar) dan COG (Command Over Good) attribute. Penelitian ini dilakukan terhadap Laporan Keuangan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. periode 2008 dan 2009. Dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif komparatif ini, penulis dapat simpulkan bahwa memang laporan keuangan GPLA memiliki tingkat relevansi dan interpretatif yang sangat tinggi yaitu sebesar 87,5 % dan 90%. Penelitian ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1406
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 14.00Mb PDF View/Open bab1-2
bab3.pdf 6.927Mb PDF View/Open bab3
bab4-5.pdf 18.90Mb PDF View/Open bab4-5
Cover.pdf 695.2Kb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record