Pengaruh Pengalaman Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas ( Survei Terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik Di Bandung )

Widyatama Repository

Pengaruh Pengalaman Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas ( Survei Terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik Di Bandung )

Show full item record

Title: Pengaruh Pengalaman Auditor Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas ( Survei Terhadap Beberapa Kantor Akuntan Publik Di Bandung )
Author: Tuahta, Victor
Abstract: Pengalaman auditor yang memadai adalah penting dalam rangka memberikan pertimbangan tingkat materialitas dalam proses pengauditan. Hal ini disebabkan karena hingga saat ini belum terdapat standar baku mengenai dasar penetapan tingkat materialitas. Auditor dapat menggunakan pengalamannya sebagai dasar untuk memberikan pertimbangan tingkat materialitas. Penelitian ini dilakukan terhadap partner, manager, auditor senior dan auditor junior yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengalaman auditor terhadap pertimbangan tingkat materialitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan didukung dengan menggunakan studi kepustakaan untuk menguji hipotesis yang ada menggunakan korelasi Rank Spearman dengan n = 60 dan tingkat signifikansi α = 0.05. Dari hasil analisis dan perhitungan korelasi diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0.545. Hal ini menunjukan adanya pengaruh antara pengalaman auditor dan pertimbangan tingkat materialitas. Angka positif menggambarkan pengaruh yang berbanding lurus artinya, semakin banyak pengalaman yang dimiliki auditor, maka pertimbangan tingkat materialitas yang ditetapkan oleh auditor akan semakin tepat. Koefisien determinasi sebesar 0.2970 memberikan pengertian bahwa memadainya pengalaman yang dimilki oleh auditor yang dapat diterangkan oleh ketepatan auditor dalam memberikan pertimbangan tingkat materialitas adalah sebesar 29.70%, sedangkan sisanya sebesar 70.30% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak masuk dalam spesifikasi penelitian ini tetapi mempengaruhi pertimbangan tingkat materialitas seperti profesionalisme auditor, sikap skeptis auditor, adanya kecendeungan auditor untuk menetapkan tingkat materialitas berdasarkan hasil audit periode sebelumnya, adanya beberapa Kantor Akuntan Publik yang telah membuat rumus perhitungan untuk menetapkan tingkat materialitas dan lain sebagainya. Dari hasil analisis dan perhitungan korelasi tersebut diperoleh nilai hitung t lebih besar dari nilai tabel t yaitu 6,153 > 1,672, dengan ini terbukti bahwa pengalaman auditor berpengaruh terhadap pertimbangan tingkat materialitas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1405
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 18.88Mb PDF View/Open bab1-2
bab3-5.pdf 20.36Mb PDF View/Open bab3-5
0105370_Cover.pdf 3.561Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record