Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Survei pada perusahaan publik yang tergabung dalam LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Survei pada perusahaan publik yang tergabung dalam LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Survei pada perusahaan publik yang tergabung dalam LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Faddila, Rahmi Nur
Abstract: Perkembangan yang pesat pada pasar modal saat ini sangat menarik perhatian para pemilik modal atau investor untuk berinvestasi di pasar modal. Para pelaku pasar modal dapat membeli dan menjual saham atau lainnya di Bursa Efek. Berfluktuasinya harga saham merupakan masalah yang dihadapi oleh investor saat ini, oleh karena itu investor harus berhati-hati dalam mengambil keputusan. Setiap pengambilan keputusan investor sebaiknya didasarkan pada laporan keuangan yang baik. Analisis laporan keuangan yang dianggap dapat digunakan untuk memprediksi harga saham adalah ROE, ROA, EPS, dan PER, karena semakin besar tingkat kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan akan mempengaruhi terhadap kenaikan harga saham, demikian pula sebaliknya. Dari penelitian ini penulis mengidentifikasikan masalah yaitu bagaimana pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan publik yang tergabung dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Objek penelitian ini adalah pengaruh rasio profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan publik yang tergabung dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Skripsi ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh perubahan variabel-variabel ROE, ROA, EPS, dan PER secara simultan maupun parsial terhadap harga saham pada perusahaan publik yang tergabung dalam LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Penulis menggunakan perhitungan statistik regresi, dengan asumsi Multikolinearitas, Autokorelasi, Normalitas, Heteroskedastisitas, dan Koefisien Korelasi Berganda untuk mengolah data yang akan diteliti. Kesimpulan diambil berdasarkan uji statistik yang dilakukan (uji F dan uji t) dan landasan teori yang mendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari BEI melalui situs www.jsx.co.id. Berdasarkan uji statistik yang dilakukan, diperoleh hasil uji statistik F yang menunjukkan bahwa ROE, ROA, EPS, dan PER secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa ROE, ROA, dan PER secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham sedangkan EPS secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan. Dari hasil perhitungan statistik ini, penulis mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap harga saham secara simultan dan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1403
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-2.pdf 18.48Mb PDF View/Open bab1-2
bab3-selesai.pdf 18.72Mb PDF View/Open bab3-selesai
0105303_Cover.pdf 1.944Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record