Peranan Controller Atas Pemberian Kredit Dalam Upaya Menekan Kredit Macet (Studi Kasus Pada PT.Hasasi International Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Controller Atas Pemberian Kredit Dalam Upaya Menekan Kredit Macet (Studi Kasus Pada PT.Hasasi International Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Controller Atas Pemberian Kredit Dalam Upaya Menekan Kredit Macet (Studi Kasus Pada PT.Hasasi International Bandung)
Author: Lestari, Lia
Abstract: Semakin pesatnya perkembangan dalam dunia usaha yang terjadi saat ini, menyebabkan semakin banyak pula perusahaan yang didirikan dan menjadikan iklim persaingan di antara perusahaan tersebut semakin tajam. Eksistensi perusahaan industri tekstil manufaktur di Indonesia harus dijaga secara berkesinambungan agar dapat terus memberikan manfaat bagi negara dan masyarakat. Terdapat berbagai cara untuk menjaga kelangsungan hidup suatu perusahaan ,salah satunya adalah meningkatkan jumlah penjualan perusahaan dengan melakukan penjualan kredit. Proses penjualan kredit pada PT.Hasasi International terdapat masalah yang berdampak cukup signifikan terhadap keuangan perusahaan. Hal ini dikarenakan penjualan secara kredit yang ditawarkan pihak perusahaan tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan salah satunya adalah keterlambatan konsumen dalam melakukan pembayaran kredit sebagaimana yang telah diatur dalam perjanjian sebelumnya. keterlambatan ini menyebabkan perputaran dana operasional perusahaan tidak berjalan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Controller atas Pemberian kredit yang diterapkan oleh PT. Hasasi International Bandung dalam upaya menekan kredit macet serta untuk mengetahui dan menilai prosedur pemberian kredit telah memadai, menilai pengawasan controller telah dilaksanakan dengan efektif. Uji hipotesis pada penelitian ini dilakukan pengujian statistik dengan menggunakan analisis regresi sederhana Nilai koefisien controller atas pemberian kredit yang tercatat dari hasil regresi sebesar 0.334, menunjukkan bahwa setiap kali controller berperan atas pemberian kredit akan meningkatkan upaya menekan kredit macet senilai 0.334. Sedangkan hubungan antara peranan controller dalam pemberian kredit dengan upaya menekan kredit macet memiliki hubungan yang signifikan karena memiliki nilai 0.098 < 0.10 dimana  = 0.10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan Controller atas Pemberian Kredit yang ditetapkan oleh PT. Hasasi International dalam usahanya menekan kredit macet telah memadai, hal ini dapat dilihat dari peranan controller atas pemberian kredit terhadap upaya menekan kredit macet berdasarkan hasil uji regresi dengan nilai signifikansi dapat meningkatkan upaya menekan kredit macet senilai 0.098. Sedangkan kontribusi controller atas pemberian kredit terhadap upaya menekan kredit macet berpengaruh sebesar 14.4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prosedur-prosedur dalam pemberian kredit yang ditetapkan oleh PT. Hasasi International telah memadai, serta controller telah berperan dalam mengawasi aktivitas pemberian kredit telah efektif dapat dilihat dari tanggapan responden yang nilai keseluruhan sebesar 3,71 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 yang termasuk kategori berperan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1402
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
bab1-bab2.pdf 15.43Mb PDF View/Open bab1-3
bab3 - selesai.pdf 615.9Kb PDF View/Open bab3-selesai
0105285_Cover.pdf 4.345Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record