Management

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 613
  • Item
    PERENCANAAN BISNIS PT POS INDONESIA (PERSERO) SEBAGAI PENYEDIA JASA PEMBAYARAN (PJP) KATEGORI I BANK INDONESIA
    (Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2023) Gozali, M Hamid
    Perkembangan teknologi informasi, tidak hanya mengubah pola hidup masyarakat dalam berkomunikasi akan tetapi merubah pula bagaimana masyarakat mengakses berbagai layanan yang dibutuhkan termasuk dalam melakukan transaksi keuangan. Teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dengan memanfaatkan layanan keuangan digital melalui gadget, smartphone dan internet yang dikenal juga dengan sebutan Fintech (Financial Technology) atau Teknologi Finansial. Kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan dalam layanan fintech mendorong banyak masyarakat meninggalkan transaksi keuangan yang dilakukan secara konvensional. Tidak dipungkiri, hal itu berdampak pula pada layanan jasa keuangan di PT Pos Indonesia (Persero) yang selama ini lebih banyak mengandalkan channel penjualan melalui jaringan fisik. Fintech bisa menjadi sebuah ancaman yang menggerus layanan existing, namun dapat menjadi sebuah peluang baru yang dimanfaatkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) untuk bertransformasi dan meningkatkan daya saing sehngga dapat menambah revenue baru perusahaan sekaligus mendapatkan market share di industri layanan keuangan digital. Untuk mendukung hal tersebut PT Pos Indonesia (Persero) memiliki inisiatif strategis untuk mengembangkan bisnisnya dengan menjadi salah satu Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Kategori I Bank Indonesia. Analisis perencanaan bisnis disusun dengan memperhatikan konsep analisis Porter’s Five Force dan Lean Canvas model. Kelayakan rencana bisnis dan investasi yang dilakukan dinilai berdasarkan indikator analisis keuangan dan investasi seperti Break Event Point, Payback Period, Profitability Index, Net Profit Margin, Internal Rate Return, dan Return on Investment. Perencanaan bisnis disusun meliputi aspek keuangan, pemasaran, kesiapan operasional dan sumber daya manusia yang menunjukkan bahwa PT Pos Indonesia (Persero) memiliki potensi yang cukup besar mengingat market size layanan keuangan digital sangat besar dengan tingkat pertumbuhan pasar yang terus berkembang. Perencanaan bisnis PT Pos Indonesia (Persero) sebagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) layak untuk dilaksanakan karena dapat memberikan potensi revenue dan laba yang signifikan.
  • Item
    PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN PENDAPATAN DAERAH (BAPPENDA) DI KABUPATEN CIANJUR
    (Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2023) Adawiah, Lispi Apiliani
    Kinerja merupakan aspek yang sangat penting sebagai tolak ukur keberhasilan organisasi dalam mencapai target dan tujuannya baik dalam jangka pendek, menengah atau jangka panjang. Kinerja pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Cianjur mengalami penurunan dilihat dari salah satu aspek pendapatan pada tahun 2021-2022. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai ada di Bappenda Kabupaten Cianjur. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian itu yaitu sumber data primer melalui kuesioner. Data yang dikumpulkan diuji melalui uji data dan uji hipotesis dengan analisis regresi linier berganda melalui SPPS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Namun, kompensasi dan disiplin kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap terhadap kinerja pegawai Bappenda Kabupaten Cianjur yang mana variabel disiplin kerja menjadi faktor yang paling dominan. Secara total pengaruh kedua variabel indenpenden tersebut adalah 31,2%.
  • Item
    ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING, BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS DONASI ONLINE PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT DT PEDULI)
    (Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2024) Adhytama, Kevin
    Perkembangan marketing di era digital ini mengalami perubahan yang signifikan dan berdampak besar salah satunya terhadap keputusan pembelian, dalam hal ini dikaitkan dengan keputusan “donasi online”. Namun, capaian donasi online yang terhimpun melalui DT Peduli dari tahun ke tahun masih mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh digital marketing, brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian “donasi online” melalui DT Peduli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dari penelitian ini adalah individu yang memungkinkan terpapar iklan DT Peduli secara online. Sampel dipilih secara purposive sampling kepada 100 responden dengan menggunakan skala Likert untuk metode kuisionernya dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing (X1), brand awareness (X2), dan brand image (X3) secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) untuk “donasi online”. Nilai koefisien determinasi penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Digital Marketing, Brand Awareness, dan Brand Image mampu menjelaskan variabel Keputusan Pembelian sebesar 52,9%.
  • Item
    PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT BELI BERULANG DI PT. PRIMA MULTITRADA ABADI
    (Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2024) Kehaganta
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kualitas produk, harga produk, kepuasan konsumen dan minat beli berulang. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas produk dan harga produk terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap minat beli berulang di PT Prima Multitrada Abadi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Sumber penelitian ini menggunakan data primer. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 80 pelanggan PT Prima Multitrada Abadi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat diketahui bahwa kualitas produk, harga produk, kepuasan konsumen dan minat beli berulang menurut responden masih dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan kualitas produk dan harga produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli berulang. Serta kepuasan konsumen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat beli berulang. Selain itu kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli berulang melalui kepuasan konsumen dan harga produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli berulang melalui kepuasan konsumen.
  • Item
    LEMBAR PENGESAHAN PERENCANAAN BISNIS MIE KAIROS
    (Program Magister Manajemen Sekolah Pasca Sarjana Universitas Widyatama, 2023) Susanto, Katherine Devina
    Salah satu kota besar di Indonesia yang disebut sebagai kota wisata kuliner, yaitu: Kota Bandung. Tujuan dari penyusunan perencanaan bisnis ini sebagai berikut: menyusun rencana bisnis yang sesuai dengan standar akademis berbasis aspek-aspek manajemen yang berguna untuk mengeksekusi rencana bisnis, melakukan evaluasi bisnis, mempertahankan kelangsungan hidup bisnis, dan mengembangkan bisnis menjadi bisnis yang lebih besar atau menangkap peluang baru yang ada untuk memajukan bisnis di bidang kuliner. Adapun kekuatan dari perencanaan bisnis Mie Kairos, yaitu: harga jual paling murah di antara pesaing yang memiliki rumah makan yamien di Kota Bandung, lokasi strategis di tengah pusatKota Bandung, bahan baku yang dimiliki bebas dari pengawet, harga jual terjangkau, porsi banyak, dan pelayanan cepat. Terdapat analisis a s p e k lingkungan bisnis, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, keuangan, resiko, dan legal. Berdasarkan hasil analisis kelayakan perencanaan bisnis Mie Kairos disimpulkan bahwa Net Present Value (NPV) Mie Kairos adalah Rp 1.485.731.981 usulan investasi positif atau layak, lalu Internal Rate of Return (IRR) Mie Kairos sebesar 40,73% hal ini menunjukan tingkat diskon rate yang menghasilkan NPV sama dengan nol lebih besar dari discount factor yaitu sebesar 10%, maka dapat disimpulkan bahwa investasi ini layak untuk dilakukan, kemudian Payback Period (PP) Mie Kairos yaitu 2,11 tahun atau 2 tahun 11 bulan, adapun Net Profit Margin (NPM) Mie Kairos adalah 48,54%, artinya semakin tinggi nilai NPM, semakin baik suatu perusahaan. Selanjutnya Return of Investment (ROI) Mie Kairos sebesar 602,42% nilai total selama lima tahun menunjukkan bahwa kinerja investasi menghasilkan keuntungan memadai.