PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN REPUTASI UNDERWRITER TERHADAP UNDERPRICING (Studi Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017)
No Thumbnail Available
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1, Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan reputasi underwriter terhadap underpricing pada perusahaan yang melakukan initial public offering di bursa efek Indonesia periode 2013-2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah 121 perusahaan dan jumlah sampel adalah 46 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa variabel reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap underpricing. Sedangkan ukuran dewan komisaris, dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap underpricing. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi investor dalam mempertimbangkan keputusan investasi yang tepat. Bagi perusahaan, dari hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam penetapan kebijakan yang akan dilakukan perusahaan, sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik.
Description
Keywords
Ukuran Dewan Komisaris, Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Reputasi Underwriter, Underpricing, commissioner size, board independent, managerial ownership, institutional ownership, reputation underwriter