PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN INTEGRASI API SISTEM MARKETING DAN PRODUKSI (Studi Kasus : Sub Unit Sales Intern PT. Megaindo Pertala)
Loading...
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Informatika S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama
Abstract
Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan,
mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan
mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama
bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Saat ini PT.
Megaindo Pertala mempunyai beberapa masalah diataranya keterlambatan
penyampaian harga karena adanya penentuan harga yang berubah – ubah, proses
penerimaan order yang masih manual, dan selain data yang belum terorganisir
dengan baik pada proses repeat order, belum mendukungnya kecepatan dalam
penyediaan barang untuk menunjang kecepatan dalam proses repeat order yang
disesuaikan dengan trend pada masanya.
Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu penerapan Customer
Relationship Management untuk peningkatan loyalitas pelanggan dengan
integrasi API Sistem Marketing dan Produksi. Penerapan CRM dengan integrasi
API ini dipilih karena akan mampu mengorganisir data order lebih baik, sehingga
hal tersebut akan berdampak pada berkurangnya human error dan juga
keterlambatan proses order yang sering terjadi.
Penelitian ini diharapkan akan membantu PT. Megaindo Pertala
khususnya pada bagian sales intern dan follow up order dalam pengelolaan order
baru atau repeat order dengan lebih cepat dan akurat. Serta penyampaian
perubahan harga dan penawaran produk – produk akan tersampaikan dengan cepat
sehingga akan berakibat pada keuntungan perusahaan dan akan terjalinnya
hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan.
Description
Keywords
Loyalitas pelanggan, Customer Relationship Management, API