HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS : MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA)

Widyatama Repository

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS : MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA)

Show full item record

Title: HUBUNGAN ANTARA KUALITAS KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS : MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA)
Author: Sumadhinata, Yelli Eka
Abstract: Mempersiapkan Perguruan tinggi di dalam menghadapi persaingan Global tidaklah cukup hanya dengan memberikan fasilitas dan pelayanan yang baik kepada para mahasiswanya, tetapi harus memiliki keunggulan bersaing salah satunya adalah proses kegiatan belajar mengajar yang berkualitas. Dimensi Kualitas kegiatan belajar dan mengajar yang baik dapat dilihat diantaranya dari keterlibatan dosen dan kurikulum yang diberikan. Dengan kualitas kegiatan belajar dan mengajar yang baik diharapkan para mahasiswa merasa puas, dan dapat merekomendasikan Universitas dimana mahasiswa tersebut menempuh pendidikan kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kualitas kegiatan belajar mengajar terhadap kepuasan mahasiswa sebagai upaya peningkatan daya saing perguruan tinggi. Objek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif-Verifikatif, dan untuk menganalisis data digunakan Regresi Linier. Dalam pengambilan sampel teknik yang digunakan adalah simple random sampling.Dari hasil peneliitian diketahui bahwa ada hubungan antara kualitas kegiatan belajar mengajar dengan kepuasan dengan persentase sebesar 0,4%, berdasarkan pengamatan dan wawancara terhadap responden selain faktor proses belajar mengajar ada beberapa faktor lain yang dapat memberikan kepuasan terhadap mereka adalah kepastian mendapatkan pekerjaan setelah lulus, bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan yang mereka ambil saat ini, juga kurikulum yang mendukung mereka setelah kuliah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1300
Date: 2010-11-25


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 4.916Mb PDF View/Open content

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record