INOVASI DAN ADAPTABILITY UKM SEBAGAI STRATEGI MENGHADAPI PERSAINGAN ACFTA (Studi Kasus Sentra Industri Rajutan Kota Bandung)

Widyatama Repository

INOVASI DAN ADAPTABILITY UKM SEBAGAI STRATEGI MENGHADAPI PERSAINGAN ACFTA (Studi Kasus Sentra Industri Rajutan Kota Bandung)

Show full item record

Title: INOVASI DAN ADAPTABILITY UKM SEBAGAI STRATEGI MENGHADAPI PERSAINGAN ACFTA (Studi Kasus Sentra Industri Rajutan Kota Bandung)
Author: Mu'minah, Iin
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari profil karakteristik UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dalam menghadapi era ACFTA (Asean China Free Trade Agreement). Hal ini menjadi penting mengingat UKM merupakan salah satu sektor usaha yang dianggap akan paling terkena dampak penerapan ACFTA. Padahal, UKM sudah terbukti mampu menyerap banyak tenaga kerja Indonesia dan pula sudah terbukti memiliki daya tahan terhadap krisis moneter. Akan sangat disesalkan jika pada akhirnya nanti UKM malah berguguran dengan penerapan ACFTA karena ketidakmampuannya untuk berdaya saing. Bagi para pelaku UKM yang inovatif dan memiliki kemampuan adaptasi, penerapan ACFTA semestinya justru menjadi peluang dan atau tantangan baru dalam menciptakan pasar yang lebih luas. Penelitian ini menelaah issue dan strategi UKM dalam menghadapi ACFTA, dan merupakan studi kasus terhadap para pelaku UKM di kawasan sentra industri rajutan Binongjati Kota Bandung. Dalam penelitian ini dilibatkan pelaku UKM, asosiasi/ kelompok pengusaha, Pemkot Bandung dan Pemprov Jawa Barat, serta instansi terkait lainnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner acuan yang dibahas dalam forum-forum diskusi terfokus, FGD (Focused Group Discussion). Adapun teknik pengolahan data menggunakan matrik analisis SWOT yang kemudian dikembangkan menjadi Matrik Dokumen Protokol. Matrik tersebut merupakan matrik usulan dan atau rekomendasi strategi UKM dan Pemerintah dalam menghadapi pasar bebas.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1294
Date: 2010-07-29


Files in this item

Files Size Format View Description
Content.pdf 11.83Mb PDF View/Open content
COVER.pdf 529.7Kb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record