PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU TINTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HYRARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT. INFIGO)

Widyatama Repository

PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU TINTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HYRARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT. INFIGO)

Show full item record

Title: PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU TINTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HYRARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT. INFIGO)
Author: Muslim, Bilal; Iriani, Yani
Abstract: Dalam kondisi bisnis dewasa ini, supplier dalam suatu perusahaan tidak hanya berperan dalam pemenuhan bahan baku saja, namun lebih dari itu, supplier dinilai sebagai sumber daya yang harus dipelihara dengan baik karena supplier dengan bahan baku yang dipasoknya akan menentukan kualitas produk dari perusahaan dan kelancaran proses produksi. Bahan baku yang baik dan terjamin kualitasnya secara otomatis akan menghasilkan produk yang baik, namun sebaliknya jika bahan baku yang dipasok oleh supplier tidak terjamin kualitasnya maka produk yang akan dihasilkan pasti tidak sesuai dengan ekspektasi. PT.INFIGO adalah perusahaan yang bergerak dibidang bisnis large format digital printing yang meliputi pembuatan banner, baliho, event desk, wallpaper/ background pertokoan dan mall, cutting stiker mobil (car branding) termasuk jasa pemasangannya. Masalah yang dihadapi oleh PT. INFIGO saat ini adalah masih banyaknya produk cacat, hal ini sebagian besar disebabkan oleh kualitas warna yang tidak sesuai dengan standar kualitas produk. Belum adanya kriteria penilaian terhadap supplier juga merupakan masalah yang dihadapi PT.INFIGO, sehingga performa supplier tidak dapat dinilai decara objektif. Beberapa supplier yang bekerja sama dengan PT. INFIGO antara lain PT.Media Science Supplier, PT.Aneka Warna Indah Photo dan PT. Surya Palace Jaya. Tujuan dari penelitian ini mengevaluasi kinerja supplier bahan baku (vital material) dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan kriterianya berdasarkan Vendor Performance Indicator (VPI) yang berkerangka dasar Quality, Cost, Flexibility, Delivery, Responsiveness (QCFDR). Hasil rancangan sistem evaluasi supplier menghasilkan 12 VPI yang dipentingkan dimana pada kriteria Quality sebanyak 3 VPI, Cost sebanyak 2 VPI, Delivery sebanyak 2 VPI, Flexibility sebanyak 2 VPI dan Responsiveness sebanyak 3 VPI. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan bantuan software expert choice ver. 2000 diperoleh bobot untuk masing- masing kriteria Quality (0,359), Cost (0,100), Flexibility (0,084), Delivery( 0,267), dan kriteria Responsiveness (0,190). Dari hasil tersebut maka bobot tertinggi adalah kriteria Quality, artinya pihak perusahaan memandang bahwa kriteria Quality merupakan kriteria yang paling utama dalam pemilihan supplier. Sedangkan hasil dari evaluasi supplier menunjukkan kinerja PT.Media Science Supplier mendapatkan bobot paling tinggi (0,427), disusul oleh PT.Surya Palace Jaya (0,323) dan PT.Aneka Warna Indah Foto (0,249). Hasil evaluasi supplier ini dapat digunakan perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan pengadaan material bahan baku tinta dari masing-masing supplier pada periode berikutnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1287
Date: 2010-07-15


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 3.935Mb PDF View/Open content

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record