PENERAPAN FRAMEWORK ZACHMAN PADA ARSITEKTUR PENGELOLAAN DATA OPERASIONAL (Studi Kasus SBU Aircraft Services, PT. Dirgantara Indonesia)

Widyatama Repository

PENERAPAN FRAMEWORK ZACHMAN PADA ARSITEKTUR PENGELOLAAN DATA OPERASIONAL (Studi Kasus SBU Aircraft Services, PT. Dirgantara Indonesia)

Show full item record

Title: PENERAPAN FRAMEWORK ZACHMAN PADA ARSITEKTUR PENGELOLAAN DATA OPERASIONAL (Studi Kasus SBU Aircraft Services, PT. Dirgantara Indonesia)
Author: Falahah; Rosmala, Dewi
Abstract: Framework Zachman merupakan salah satu kerangka kerja yang populer dalam memetakan artifak arsitektur informasi di sebuah organisasi. Penerapan framework Zachman sangat variatif dan mampu memberikan gambaran yang representative atas elemen-elemen informasi di sebuah organisasi. Pada makalah ini akan membahas kasus penerapan framework Zachman pada usulan pengembangan arsitektur pengelolaan data untuk kasus SBU Aircraft Services (ACS) yang menghadapi masalah dalam eksekusi berbagai aplikasi yang tidak saling terintegrasi. ACS pada saat ini menjalankan berbagai jenis aplikasi yang dengan berbagai kendala dan kondisi juga harus tetap meningkatkan kinerja bisnis dan berinteraksi dengan para mitra dan konsumennya. Skala bisnis yang luas menyebabkan ACS harus dapat saling bertukar data dengan mitra dan konsumennya. Hal ini tidak dapat dilaksanakan dengan mudah karena ACS tidak memiliki konsep arsitektur pengelolaan data yang baik dan semua aplikasi dibiarkan berjalan dan informasi yang mengalir di antara aplikasi ditangani apa adanya. Untuk dapat memodelkan arsitektur pengelolaan data yang harus disiapkan maka dicoba digunakan framework Zachman yang difokuskan untuk sudut pandang data skala enterprise dan diterapkan pada pengelolaan data operasional. Hasil pemodelan arsitektur data dengan menggunakan pendekatan Framework Zachman dapat memberikan masukan yang signifikan bagi para manajemen untuk penyiapan integrasi data di masa mendatang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1274
Date: 2010-06-19


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 4.016Mb PDF View/Open content

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record