KAJIAN TENTANG ASPEK PROSES DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN KUALITAS DI LINGKUNGAN USAHA KECIL MENENGAH SEKTOR MANUFAKTUR (STUDI KASUS DI CV. WMT)

Widyatama Repository

KAJIAN TENTANG ASPEK PROSES DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN KUALITAS DI LINGKUNGAN USAHA KECIL MENENGAH SEKTOR MANUFAKTUR (STUDI KASUS DI CV. WMT)

Show full item record

Title: KAJIAN TENTANG ASPEK PROSES DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN KUALITAS DI LINGKUNGAN USAHA KECIL MENENGAH SEKTOR MANUFAKTUR (STUDI KASUS DI CV. WMT)
Author: Rahmana, Arief
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana implementasi manajemen kualitas yang dilihat dari aspek proses, dimana proses tersebut terdiri atas 3 (tiga) tahapan, yaitu: tahap introduksi, tahap adopsi, dan tahap adaptasi. Strategi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan objek penelitian di CV. WMT yang merupakan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sektor Manufaktur. Tahap introduksi manajemen kualitas ditandai dengan adanya pengakuan atas kualitas produk dan pengiriman tepat waktu, perusahaan terkemuka otomotif di Indonesia menjadi pelanggan tetap, dan tuntutan pelanggan agar CV. WMT bersertifikasi penjaminan kualitas. Tahap adopsi ditandai dengan adanya perencanaan CV. WMT untuk sertifikasi ISO/TS 16949:2002. Tahap adaptasi ditandai dengan adanya implementasi quality manual, prosedur, dan instruksi kerja yang telah disusun oleh CV. WMT. Hal ini memberikan gambaran bahwa CV. WMT melakukan perbaikan kualitas secara berkelanjutan melalui implementasi manajemen kualitas dengan tujuan agar dapat bersaing dengan perusahaanperusahaan lainnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1266
Date: 2010-01-20


Files in this item

Files Size Format View Description
Content.pdf 4.994Mb PDF View/Open content
cover.pdf 1.175Mb PDF View/Open Cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record