Studi Terhadap Magic English (Program Dvd Interaktif): Fokus Pada Fasilitasi Karakteristik Pembelajaran Anak-anak

Widyatama Repository

Studi Terhadap Magic English (Program Dvd Interaktif): Fokus Pada Fasilitasi Karakteristik Pembelajaran Anak-anak

Show full item record

Title: Studi Terhadap Magic English (Program Dvd Interaktif): Fokus Pada Fasilitasi Karakteristik Pembelajaran Anak-anak
Author: Zuraida, Ida
Abstract: Walt Disney merilis seri DVD pembelajarn Bahasa Inggris Magic English (ME) yang bertujuan untuk membantu anakanak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan. Hal ini memunculkan pertanyaan apakah ME didesain dengan memperhatikan karakteristik pembelajaran anakanak. jika iya, seri tersebut akan mendapatkan respon positif dari anakanak yang menggunakannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti, karakteristik pembelajaran anakanak yang difasilitasi oleh seri DVD ME dan bagaimana karakteristik tersebut diterjemahkan dalam penyampaian pelajaran dalam seri ME, bagaimana anakanak merespon terhadap seri DVD ME dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan seperangkat metoda untuk mengumpulkan data; observasi, response journal, dan interview. Responden penelitian adalah tujuh siswa SD yang berasal dari enam sekolah di Bandung yang belajar Bahasa Inggris di LBPP LIA Bandung kelas Elementary English for Children3 (EEC3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ME memfasilitasi lima karakteristik pembelajaran anakanak, yaitu belajar dalam kesatuan utuh (learn when kept as a whole), rentang konsentrasi yang terbatas (limited attention span), Fun learning, satu tema dalam satu kesempatan (one thing at a time), cepat menangkap tetapi cepat lupa (learn fast and forget quickly). Karakteristik tersebut difasilitasi dalam bentuk: mempresentasikan aktifitas secara bertahap, alokasi waktu pendek, memiliki topik yang spesifik, memunculkan lagu, tokohtokoh kartun yang lucu dan menarik serta scene yang kocak, dan mendaur ulang materi pelajaran. Karena ME memfasilitasi karakteristik pembelajaran anakanak, maka secara umum respon positif diberikan oleh anakanak selama menonton program multimedia tersebut. Respon positif yang diperoleh dari observasi, response journal, dan interview menyatakan bahwa responden berpartisipasi secara aktif selama menonton dengan cara menyanyi, mengulang kosakata atau ungkapan, dan menjawab pertanyaan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan seri DVD ME bermanfaat bagi anakanak karena memfasilitasi karakteristik pembelajaran anakanak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1252
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
content.pdf 5.862Mb PDF View/Open Content

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record