MANFAAT PELAKSANAAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN di BAGIAN SIRKULASI ( Studi Survei pada PT. Pikiran Rakyat Bandung )

Widyatama Repository

MANFAAT PELAKSANAAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN di BAGIAN SIRKULASI ( Studi Survei pada PT. Pikiran Rakyat Bandung )

Show full item record

Title: MANFAAT PELAKSANAAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN di BAGIAN SIRKULASI ( Studi Survei pada PT. Pikiran Rakyat Bandung )
Author: Tobing, Kristoffer L
Abstract: MANFAAT PELAKSANAAN SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN TERHADAP EFEKTIVITAS KEGIATAN PENJUALAN di BAGIAN SIRKULASI (pada PT. PIKIRAN RAKYAT ) Ketika perusahaan sedang berkembang, hal tersebut akan menyebabkan bertambah banyaknya aktivitas di perusahaan, sehingga timbul kesulitan pemimpin perusahaan dalam mengawasi seluruh aktivitas perusahaan secara langsung. Untuk itu pemimpin perusahaan membentuk suatu pengendalian manajemen yang memadai yang tersusun secara sistematis dalam suatu sistem sebagai salah satu alat bagi manajemen dalam mempertahankan kinerjanya atau bahkan meningkatkan kinerjanya. Pengendalian manajemen yang tersusun secara sistematis tersebut adalah sistem pengendalian manajemen. Sistem pengendalian manajemen di PT. Pikiran Rakyat Bandung sudah memadai. Hal itu terlihat dari adanya unsure-unsur sistem pengendalian manajemen di PT. Pikiran Rakyat Bandung yang telah dilaksanakan secara tepat yang menjadi ukuran memadainya sistem pengendalian manajemen. Unsur-unsur trsebut adalah struktur organisasi, kebijakan, prosedur, perencanaan, personalia, pencatatan akuntansi, pelaporan dan pemeriksaan intern. Sisitem pengendalian manajemen dapat dijadikan alat bagi manajemen untuk meningkatkan kinerja perusahaan, termasuk kinerja departemen penjualan khususnya di bagian sirkulasi. Peningkatan kinerja ini diukur dari tingkat efektivitas dan tingkat efisiensi. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja bagian sirkulasi secara umum sudah efektif dan efisien. Efektif dan efisiennya kinerja bagian sirkulasi dipengaruhi oleh sistem pengendalian manajemen di PT. Pikiran Rakyat Bandung yang sudah memadai. Pada ruang lingkup sistem pengendalian manajemen dikenal 3 sistem yang terkait dengan perenanaan dan pengendalian, yaitu perumusan strategi, pengendalian manajemen, dan pengendalian tugas. Ketiga sistem tersebut merupakan dasar terbentuknya sistem pengendalian manajemen. PT. Pikiran Rakyat Bandung secara umum telah menjalankan ketiga sistem di atas dengan tepat, sehingga sistem pengendalian manajemen yang terbentuk memadai untuk meningkatkan kinerja perusahaan, termasuk kinerja bagian sirkulasi di PT. Pikiran Rakyat Bandung. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, yaitu metode penelitian yang berusaha mengumpulkan data dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya terjadi pada perusahaan yang kemudian dianalisa untuk dapat dirumuskan kesimpulan-kesimpulan. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis data-data yang didapat maka penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Sistem pengendalian manajemen yang dilakukan oleh PT. Pikiran Rakyat Bandung dalam pelaksanaan pengendalian penjualan telah memadai. 2. Kinerja bagian sirkulasi secara umum mengalami peningkatan. 3. Sistem pengendalian manajemen yang dijalankan bermanfaat dalam meningkatkan kinerja penjualan pada PT. Pikiran Rakyat Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1206
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View Description
0103014_Content.pdf 30.67Mb PDF View/Open content
0103014_Cover.pdf 848.2Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record