PENGARUH TAX PLANNING, KEPEMILIKAN ASING DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TRANSFER PLANNING (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2015-2017)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Transfer pricing kebanyakan dilakukan oleh mayoritas perusahaan multinasional yang menginginkan laba tinggi untuk menghindari pajak penghasilan oleh perusahaan yang memiliki asset yang besar maupun kecil, dan kepemilikan asing yang lebih 25% untuk mendapatkan laba yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pajak, kepemilikan asing dan ukuran perusahaan terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan transfer pricing. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2015-2017 yang jumlahnya mencapai 142 perusahaan dan sampel penelitian yang jumlahnya 23 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pajak dan kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap transfer pricing, sebaliknya variabel ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap transfer pricing.
Description
Keywords
Kepemilikan Asing, Tax Planning, Transfer Pricing, Ukuran Perusahaan,, Firm Size, Foreign Ownership, Tax Planning, Transfer Pricing
Citation