ANALISIS PENYERAPAN ANGGARAN BELANJA DAERAH KABUPATEN BANDUNG BARAT TAHUN 2017 (Studi Kasus pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bandung Barat)

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya penyerapan anggaran daerah pada beberapa SKPD di Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat. Hal ini menunjukan bahwa banyaknya program kerja pemerintah daerah yang belum terealisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyerapan anggaran belanja daerah pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah pegawai di bagian akuntansi belanja daerah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bandung yang berjumlah 11 orang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan penyerapan anggaran belanja daerah yang ditunjukan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung Barat sudah di terapkan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa SKPD di Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang penyerapan anggaranya masih rendah berkaitan dengan kurangnya identifikasi terkait indikator dan target kinerja kelauran, kurangnya membuat mekanisme penarikan dana (anggaran), rendahnya pengalokasian anggaran untuk kebutuhan belanja daerah setiap bulannya, kurangnya informasi mengenai analisis sebab akibat rendahnya penyerapan anggaran, dan informasi mengenai faktor-faktor pendukung dan kendala dalam proses penyerapan anggaran di Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat.
Description
Keywords
Anggaran Belanja Daerah, Laporan Realisasi Anggaran, Penyerapan Anggaran Belanja Daerah dan Laporan Realisasi Anggaran, Absorption Of Regional Expenditure Budget and Budget Realization, Budget Realization Report, Report Regional Budget.
Citation