Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Teh Walini Ptpn Viii Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Teh Walini Ptpn Viii Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Penjualan Teh Walini Ptpn Viii Bandung
Author: Fanny, Trilestari
Abstract: Tingginya tingkat persaingan di bisnis lokal maupun global membuat perusahaan berusaha untuk mencapai keunggulan kompetitif agar mampu memenangkan persaingan. Promosi merupakan salah satu alat yang digunakan untuk membuat konsumen menjadi tertarik dengan produk yang dihasilkan sehingga perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Promosi yang tidak terkendali akan mengakibatkan penurunan tingkat penjualan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk promosi menjadi suatu pemborosan. Kegiatan promosi yang dilakukan tentunya membutuhkan biaya, biaya yang digunakan disebut dengan biaya promosi. Biaya promosi dapat diartikan sebagai biaya yang digunakan untuk memperkenalkan barang atau jasa. Penelitian yang berjudul PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP PENJUALAN TEH WALINI PTPN VIII BANDUNG ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari biaya promosi terhadap penjualan. Indikator yang digunakan untuk melihat pengaruh biaya promosi adalah biaya-biaya yang dikeluarkan untuk melakukan promosi. Sedangkan indikator yang digunakan untuk penjualan adalah total penjualan tahun 2004 sampai dengan 2008. Penelitian ini sendiri dilaksanakan pada Unit Industri Hilir Teh PTPN VIII Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Sementara untuk menganalisis data, dilakukan pendekatan kuantitatif, yaitu teknik statistik untuk menguji hipotesis dengan teknik analisis regresi sebagai alat bantunya. Penulis memperoleh data dan informasi melalui wawancara, penelaahan dokumen, dan studi kepustakaan. Data yang penulis ambil untuk penelitian ini untuk kurun waktu lima tahun, yaitu dari tahun 2004 sampai dengan 2008. Dari hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi yaitu : Y = 296.382 + 12,025X. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan korelasi pearson, menghasilkan koefisien determinasi sebesar 0,779 menunjukkan bahwa variabel biaya promosi berpengaruh terhadap penjualan sebesar 77,9% dan untuk sisanya sebanyak 22,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa biaya promosi berpengaruh terhadap penjualan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1152
Date: 2010-11-08


Files in this item

Files Size Format View Description
Cover0108A01.pdf 3.168Mb PDF View/Open Cover
Content0108A01.pdf 23.50Mb PDF View/Open Pendahulauan s.d. Simpulan dan Saran

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record