PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Survey pada konsumen Babakaran sate dan sambal khas Bandung)
Loading...
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis Bagaimana Kualitas produk di
Babakaran sate dan sambal khas Bandung dan seberapa besar pengaruh kualitas
produk terhadap kepuasan konsumen di Babakaran sate dan sambal khas
Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dan verifikatif
dengan populasi yaitu konsumen Babakaran Sate dan Sambal Khas Bandung
dalam satu bulan yang jumlahnya 2100 orang, dan yang dijadikan sampel
sebanyak 300 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi
linier sederhana dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian yang diperoleh Kualitas produk di Babakaran sate dan
sambal khas Bandung cukup baik sehingga masih perlu ditimgkatkan. Skor
tertinggi dari variabel kualitas produk yaitu pada “Produk Babakaran sate dan
sambal khas Bandung jika sudah dihidangkan memiliki bau yang khas dan
menggugah selera makan saya”. Hal tersebut dapat diartikan bahwa produk yang
disajikan di Babakaran mempunyai bau khas sehingga menggugah selera
konsumen. Namun dari semua pernyataan terdapat pencapaian skor terkecil yaitu
pernyataan “Produk yang ditawarkan di Babakaran sate dan sambal khas Bandung
sesuai dengan harga yang ditawarkan” artinya kadang-kadang harga yang
ditawarkan di Babakaran tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. Kualitas
produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Babakaran sate dan sambal
khas Bandung. Apabila variabel kualitas produk tidak ada perubahan atau tidak
ditingkatkan lagi maka kepuasan konsumen tidak mengalami kenaikan. Hasil uji
hipotesis menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak yang menujukkan adanya
pengaruh kualitas produk terhadap terhadap kepuasan konsumen.
Description
Keywords
Kualitas produk dan kepuasan pelanggan., customer quality and customer satisfaction.