STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BISNIS DI BIDANG FASHION DENGAN MENGGUNAKAN METODE CANVAS PADA TAS DANDELION DI PASAR BARU BANDUNG

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Manajemen S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
Abstract
Pada zaman sekarang perkembangan di dunia sektor fashion yang menduduki posisi kedua setelah sektor kuliner yang berkontribusi besar dalam pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, sehingga dibutuhkan penguatan model bisnis yang tepat supaya dapat terus bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peluang bisnis dalam bidang fashion, untuk mengetahui segmenting, targeting dan positioning (STP) yang tepat bagi Dandelion Bag, untuk mengetahui bagaimana analisis SWOT pada produk fashion Dandelion Bag untuk mengetahui bagaimana perancangan strategi bisnis dengan model canvas pada Dandelion Bag. Dalam menjalankan usaha bisnis Dandelion Bag mengalami permasalah internal dan eksternal. Oleh karena itu, dibutuhkan gambaran dan panduan dalam rangka mengarahkan usaha penjualannya. Perancangan model bisnis merupakan solusi karena dapat memetakan,merancang dan mengarahkan komponen apa saja yang dapat mendukung penjualan bisnis Dandelion Bag. Perancangan model bisnis Dandelion Bag pada penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Business Model Canvas. Hasil dari penelitian ini ialah sembilan komponen model bisnis Dandelion Bag yaitu, customer segments yang akan dilayani ialah kalangan anak muda dengan mayoritas laki-laki dengan rata-rata usia 15-40 tahun. Value proposition yang ditawarkan ialah produk dengan kualitas bahan dan jahitan yang premium. Customer relation yang digunakan ialah konsumen akan diberikan informasi terkait produk-produk baru dan discount melalui media Instagram, Line dan Whatsapp. Channels yang digunakan melalui media online Instagram. Revenue streams melalui sistem penjualan langsung. Key resources yang dibutuhkan ialah sumber daya manusia, fisik, intelektual dan finansial. Key activities ialah memproduksi dan memasarkan produkny. Key partners yang bekerjasama ialah penyedia bahan baku dan penyedia bahan baku pendukung. Cost structure dengan memadukan model bisnis terpacu biaya dengan menciptakan dan mempertahankan struktur biaya seramping mungkin untuk memberikan proposisi nilai berbiaya rendah.
Description
Keywords
Peluang Bisnis, STP, SWOT, Business Model Canvas, Business Opportunities, STP, SWOT, Business Model Canvas
Citation