Peranan Akuntansi Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Meningkatkan Kinerja Manajer Pusat Laba

Widyatama Repository

Peranan Akuntansi Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Meningkatkan Kinerja Manajer Pusat Laba

Show full item record

Title: Peranan Akuntansi Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Dalam Meningkatkan Kinerja Manajer Pusat Laba
Author: MARISKA
Abstract: Dalam hal layanan jasa komunikasi, selain dalam bentuk telekomunikasi, media cetak, dan lainnya, bidang pelayanan dalam bentuk jasa pos sangat diperlukan bagi kelancaran dalam berhubungan dengan berbagai pihak. Karena pentingnya perusahaan tersebut, maka perusahaan harus mengembangkan usaha sedemikian rupa agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan berkembangnya perusahaan diharapkan dapat meningkatkan laba perusahaan. Pusat laba adalah salah satu pusat pertanggungjawaban yang memiliki peranan penting bagi perusahaan yang berorientasi pada laba, karena laba merupakan sumber utama kelangsungan hidup perusahaan. Manajer pusat laba menyusun sebuah anggaran laba untuk dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan. Agar kinerja manajer pusat laba dapat diukur, maka akuntansi pertanggungjawaban perlu ditetapkan agar informasi yang dihasilkan dapat berperan untuk menilai atau mengevaluasi kinerja manajer pusat laba sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan. Penelitian dilakukan pada PT Pos Indonesia (Persero) Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaiannya penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT Pos Indonesia (Persero) dan mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam meningkatkan kinerja manajer pusat laba. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu melalui fakta yang diperoleh dari penelitian kemudian diproses lebih lanjut dengan dasar teori yang ada. Sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini digunakan teknik penelitian lapangan dengan instrumen berupa kuesioner dan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama dilakukannya penelitian. Penulis juga melakukan wawancara dan observasi langsung untuk memperoleh data primer. Dari hasil penelitian diperoleh perhitungan sebesar 80,71 % yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini ditunjang dengan peranan akuntansi pertanggungjawaban yang cukup memadai untuk meningkatkan kinerja manajer pusat laba, dengan hasil anggaran dan realisasi laba PT Pos Indonesia (Persero) tahun 2005 sebesar Rp. 130.000.000.000,00 dan Rp. 111.874.542.397,00 yang berarti dapat mencapai target laba sebesar 86,42 %, dan terdapatnya peningkatan laba usaha dari tahun 2004 ke tahun 2005 sebesar 0,56 %.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1127
Date: 2010-10-18


Files in this item

Files Size Format View Description
cover.pdf 127.0Kb PDF View/Open Cover
content 1.pdf 3.462Mb PDF View/Open Pendahuluan dan Tinjauan Pustaka
content 2.pdf 2.880Mb PDF View/Open Objek Penelitian, Metode Penelitian dan Pembahasan
content 3.pdf 1014.Kb PDF View/Open Simpulan dan Saran

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record