PENGARUH PERIKLANAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA.

Widyatama Repository

PENGARUH PERIKLANAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA.

Show full item record

Title: PENGARUH PERIKLANAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA.
Author: Bintani, Rian
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan periklanan produk yang dilakukan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), untuk mengetahui tanggapan responden terhadap pelaksanaan periklanan produk yang dilakukan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh periklanan produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart). Dalam melakukan penelitian ini, metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif analisis. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui penyebaran kuesioner. Pengujian melakukan skala likert untuk mengetahui pengaruh periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dengan meggunakan koefisien Rank Spearman diperoleh nilai rs sebesar 0,614. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rs mempunyai hubungan kuat antara variabel X (periklanan) dengan variabel Y (keputusan pembelian). Besarnya kd sebesar 37,70% sisanya sebesar 62,30% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan uji analisis t dengan taraf signifikansi (α) sebesar 5%, diperoleh thitung sebesar 6,647 dan ttabel, sebesar 1,6760. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel, , sehingga berada pada daerah penolakan Ho oleh karena itu hipotesis yang diajukan penulis yaitu ”pengaruh periklanan produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart)“, dapat diterima. Berdasarkan penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa periklanan yang dilakukan pada PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Dan untuk saran yang diberikan kepada perusahaan adalah sebaiknya frekuensi penayangan iklan baik dimedia cetak maupun media elektronik ditambah lagi dan perusahaan melakukan terobosan-terobosan periklanan yang lebih baru. Misalnya dengan menggunakan billboard dengan ukuran yang besar. Semuannya dilakukan agar dapat menarik perhatian orang dan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1104
Date: 2010-10-01


Files in this item

Files Size Format View Description
cover.pdf 137.9Kb PDF View/Open Cover
bab1-2.pdf 2.290Mb PDF View/Open Pendahuluan dan Tinjauan Pustaka
bab3-4.pdf 3.143Mb PDF View/Open Metode Penelitian dan Pembahasan
bab5.pdf 488.7Kb PDF View/Open Kesimpulan dan Saran

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record