PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA D’LOOPS CLOTHING DI BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA D’LOOPS CLOTHING DI BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA D’LOOPS CLOTHING DI BANDUNG
Author: MERDIANA NOOR, MAESA
Abstract: Dalam penelitian ini penulis mengambil judul “Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen pada D’loops clothing di Bandung”. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi penjualan yang dilaksanakan pada produk D’loops clothing , untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai promosi penjualan dalam melakukan pembelian produk D’loops clothing, untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai keputusan pembelian dalam melakukan pembelian produk D’loops clothing, dan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam melakukan pembelian produk D’loops clothing. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun sekelompok kelas peristiwa pada masa sekarang. Sedangkan metode verifikatif yaitu metode yang mencari korelasi atau hubungan kausal (menanyakan apakah ada hubungan atau pengaruh terhadap objek yang diteliti). Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan guna memperoleh data skunder, serta penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner, dapat diketahui bahwa tanggapan responden terhadap promosi penjualan produk D’loops clothing adalah baik dengan nilai rata-rata 3,838 dan tanggapan responden terhadap keputusan pembelian juga baik dengan nilai D’loops clothing rata-rata sebesar 3,898. Selanjutnya perhitungan statistik terhadap variabel X yaitu promosi penjualan dan variabel Y yaitu keputusan pembelian konsumen diperoleh angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,441 hal ini menunjukan bahwa pengaruh kedua variabel sedang dan searah. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 19,45 % artinya keputusan pembelian konsumen terhadap produk D’loops clothing dipengaruhi oleh promosi penjualan sebesar 19,45 % dan sisanya sebesar 80,55 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis misalnya: karakteristik konsumen, pemasaran, saluran distribusi, dan lain-lain. Pada pengujian hipotesis dengan uji signifikansi satu pihak, yaitu pihak kanan diperoleh nilai signifikansi thitung > ttabel (4.864 > 2.633), jelas terlihat bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau hipotesis diterima, artinya bahwa promosi penjualan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kesimpulannya adalah bahwa tujuan dari pelaksanaan promosi penjualan adalah untuk menarik perhatian para konsumen sehingga konsumen dapat membeli produk D’loops clothing. Oleh sebab itu D’loops clothing agar dapat lebih meningkatkan promosi penjualannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1103
Date: 2010-10-01


Files in this item

Files Size Format View Description
cover.pdf 120.4Kb PDF View/Open Cover
bab1-2.pdf 2.739Mb PDF View/Open Pendahuluan dan Tinjauan Pustaka
bab3-4.pdf 3.093Mb PDF View/Open Metode Penelitian dan Pembahasan
bab5.pdf 318.3Kb PDF View/Open Kesimpulan dan Saran

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record