PERENCANAAN BISNIS PT. SUMPITMAS BERKAH AMANAH
No Thumbnail Available
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Pertumbuhan ekonomi Indonesia dewasa ini meningkat sebesar 0,05 persen. salah satu
pendukung pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari geliat kegiatan usaha kecil baik
dari sektor tradisional maupun modern melalui usaha mikro dan kecil (UMKM).
UMKM memiliki peran strategis dalam menggerakkan roda perekonomian bangsa.
UMKM unggul dalam beberapa faktor yaitu kemampuan fokus spesifik, fleksibilitas
nasional, biaya rendah, dan kecepatan inovasi. PT Sumpitmas Berkah Amanah hadir
sebagai mitra UMKM yang bergerak dalam industri makanan cepat saji di Indonesia
dengan tujuan untuk dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi peluang bisnis PT. Sumpitmas
Berkah Amanah didasarkan pada aspek kewirausahaan dari model Timmons dan
aspek-aspek lain seperti lingkungan bisnis, pemasaran, keuangan, operasional dan
aspek sumber daya manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan
pengembangan bisnis untuk membentuk perusahaan makanan cepat saji layak untuk
dijalankan dengan melihat perkembangan permintaan makanan cepat saji yang cukup
tinggi dan kemampuan bersaing dengan pesaing karena keunggulan kompetitif yang
dimiliki. Selain itu, Melihat dari aspek finansial, waktu pengembalian modal relatif
cepat dengan waktu 1 tahun 9 bulan.
Description
Keywords
Perencanaan Bisnis, Timmons Model, Kelayakan Bisnis, Business Planning, Business Feasibility