PERENCANAAN BISNIS TOKO SAYURAN CEP A'ANG
Loading...
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Menurut laporan data gizi kementrian kesehatan hampir seluruh penduduk
indonesia mengkonsumsi sayuran sebesar 97,29 persen, begitu juga dengan
pertumbuhan sayuran adanya peningkatan bervariasi antara 5 sampai 15 persen per
tahun. Hal ini membuktikan bahwa pertumbuhan agrobisnis sangat diminati oleh
masyarakat indonesia. Saat ini kebutuhan akan sayuran bukan lagi produk konsumsi
untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia semata, yaitu sudah menjadi sebuah
gaya hidup baru di kalangan masyarakat. Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan
kelayakan usaha inovasi toko sayuran Cep A’ang berdasarkan aspek-aspek
kewirausahaan Timmons Model. Perencanaan usaha ini dinilai berdasarkan kriteria
investasi Net Present Value, Pacback Period, Internal Rate of Return, dan Net
Profit Margin. Penelitian ini juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis
berdasarkan aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan keuangan. Metode
penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan
teknik pengumpulan data observasi. Operasionalisasi variabel yang digunakan
adalah metode kriteria kewirausahaan dari Timmons. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria Timmons Model, variabel pasar
menunjukkan potensi yang tinggi dengan tingkat pertumbuhan pasar yang terus
berkembang. Variabel keunggulan kompetitif, kreasi nilai dan isu-isu menunjukkan
bahwa perencanaan toko sayuran Cep A’ang layak untuk dilaksanakan karena dapat
memberikan keuntungan dalam potensi yang tinggi.
Description
Keywords
Perencanaan Bisnis, Inovasi, Timmons Model, Business Planning, Innovation