PERENCANAAN BISNIS TOKO SAYURAN CEP A'ANG

Loading...
Thumbnail Image
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Menurut laporan data gizi kementrian kesehatan hampir seluruh penduduk indonesia mengkonsumsi sayuran sebesar 97,29 persen, begitu juga dengan pertumbuhan sayuran adanya peningkatan bervariasi antara 5 sampai 15 persen per tahun. Hal ini membuktikan bahwa pertumbuhan agrobisnis sangat diminati oleh masyarakat indonesia. Saat ini kebutuhan akan sayuran bukan lagi produk konsumsi untuk memenuhi kebutuhan biologis manusia semata, yaitu sudah menjadi sebuah gaya hidup baru di kalangan masyarakat. Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan kelayakan usaha inovasi toko sayuran Cep A’ang berdasarkan aspek-aspek kewirausahaan Timmons Model. Perencanaan usaha ini dinilai berdasarkan kriteria investasi Net Present Value, Pacback Period, Internal Rate of Return, dan Net Profit Margin. Penelitian ini juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis berdasarkan aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan keuangan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi. Operasionalisasi variabel yang digunakan adalah metode kriteria kewirausahaan dari Timmons. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria Timmons Model, variabel pasar menunjukkan potensi yang tinggi dengan tingkat pertumbuhan pasar yang terus berkembang. Variabel keunggulan kompetitif, kreasi nilai dan isu-isu menunjukkan bahwa perencanaan toko sayuran Cep A’ang layak untuk dilaksanakan karena dapat memberikan keuntungan dalam potensi yang tinggi.
Description
Keywords
Perencanaan Bisnis, Inovasi, Timmons Model, Business Planning, Innovation
Citation
Collections