PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT MENYEWA PENGHUNI PADA APARTEMEN TRANSIT RANCAEKEK
No Thumbnail Available
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat yang harus digunakan oleh perusahaan,
termasuk jasa pengelola tempat tinggal agar mampu menarik minat pelanggan untuk
menyewa. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis komponen bauran
pemasaran seperti produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik
terhadap minat menyewa di Apartemen Transit. Pengumpulan data dilakukan dengan
cara menyebarkan kuesioner kepada 195 penghuni Apartemen Transit dengan lima
pilihan skala. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil dari
penelitian ini adalah hanya harga dan bukti fisik yang berpengaruh signifikan secara
parsial terhadap minat menyewa penghuni Apartemen Transit. Sedangkan sisanya
produk, tempat, promosi, orang, dan proses secara parsial tidak berpengaruh
signifikan terhadap minat menyewa penghuni Apartemen Transit. Namun, secara
simultan, ketujuh variabel bauran promosi berpengaruh signifikan terhadap minat
menyewa penghuni Apartemen Transit. Kontribusi bauran pemasaran terhadap minat
menyewa adalah sebesar 81%, sedangkan sisanya 19% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diikutsertakan pada penelitian ini.
Description
Keywords
bukti fisik, harga, minat menyewa produk, promosi, proses, tempat, intent to stay, people, physical evidence, place, process, product, price, promotion