Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Diukur Dengan Rasio Profitabilitas Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi survei pada kelompok Industri Semen yang terdaftar di BEI)

Widyatama Repository

Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Diukur Dengan Rasio Profitabilitas Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi survei pada kelompok Industri Semen yang terdaftar di BEI)

Show full item record

Title: Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Diukur Dengan Rasio Profitabilitas Terhadap Dividend Payout Ratio (Studi survei pada kelompok Industri Semen yang terdaftar di BEI)
Author: Erickcon, Santun Frank
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh yang signifikan dari kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Rasio Profitabilitas dengan indikator Return On Investment (ROI), Net Profit Margin (NPM), Return On Equity (ROE) terhadap Dividend Payout Ratio. Data yang dikumpulkan terdiri dari data yang keuangan yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan-perusahaan industri semen yang telah go publik, yang terdiri dari tiga perusahaan semen yaitu PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, dan PT. Holcim Indonesia Tbk. Analisa yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan Rasio Profitabilitas (ROI, NPM, & ROE) terhadap Dividend Payout Ratio perusahaan, penulis melakukan analisis secara statistik untuk menyatakan hubungan fungsional dengan mengidentifikasi ROI sebagai variabel independen (X1), NPM sebagai variabel independen (X2) dan ROE sebagai variabel independen (X3) sedangkan Dividend Payout Ratio (DPR) sebagai variabel dependen (Y). Analisis statistik yang dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier multiple, koefisien korelasi, dan koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F untuk pengujian secara simultan dan uji t untuk pengujian secara parsial, dengan menggunakan program SPSS 15.0. Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan persamaan regresi 7,690 – 0,229X1 – 2,068X2 + 2,626X3, hasil analisis statistik secara simultan diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 88,8%, sedangkan sisanya sebesar 11.2% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan tingkat signifikansi 5% (α = 0.05) hasil uji F, didapat bahwa besarnya Return On Investasi (X1), Net Profit Margin (X2) dan Return On Equity (X3) terhadap Dividend Payout Ratio (Y) tidak terdapat pengaruh yang signifikan, karena nilai Fhitung < Ftabel yaitu 2,653 < 9,28, artinya Fhitung berada di daerah penerimaan Ho yang menunjukkan bahwa Return On Investasi (X1), Net Profit Margin (X2) dan Return On Equity (X3) secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Dividend Payout Ratio (Y).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1097
Date: 2010-01


Files in this item

Files Size Format View Description
Overall revisi..pdf 457.8Kb PDF View/Open Full

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record