PENGEMBANGAN BISNIS KULINER RUMAH MAKAN SUNDA NI UTY DI KOTA BANDUNG
No Thumbnail Available
Date
2019
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Kota Bandung menjadi salah satu destinasi wisata kuliner jumlah penduduk dan
wisatawan domesik maupun internasional membuat sektor kuliner memberikan
kontribusi yang besar kepada pendapatan Negara dan memberikan lapangan
pekerjaan bagi masyarakat.
Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan kelayakan usaha inovasi produk
rumah makan Sunda Ni Uty berdasarkan aspek-aspek kewirausahaan model
Timmons. Rencana pengembangan usaha ini dimulai berdasarkan kriteria
investasi Net Present Value, Payback Period, internal rate of return, dan net
profit margin. Penelitian ini juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis
berdasarkan aspek pemasaran, keuangan, oprasional dan keuangan.
Hasil dari penelitian menunjukan investasi untuk perencanaan bisnis rumah
makan Sunda Ni Uty sebesar Rp. 400,000,000.- dengan menggunakan pinjaman
melalui perbankan. NPV Positif sebesar Rp. 1,130,091,210, IRR 91,42% NPM
12% dan waktu pengembalian investasi selama satu tahun. Hasil ini menunjukan
bahwa perencanaan bisnis rumah makan Sunda Ni Uty layak untuk dilaksanakan
karena dapat memberikan keuntungan
Description
Keywords
Rumah Makan Sunda, perencanaan bisnis, NPV, PP, IRR, NPM, Sundanese Restaurant, business planning