PENGEMBANGAN BISNIS KULINER RUMAH MAKAN SUNDA NI UTY DI KOTA BANDUNG

No Thumbnail Available
Date
2019
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Program Studi Magister Manajemen, Universitas Widyatama
Abstract
Kota Bandung menjadi salah satu destinasi wisata kuliner jumlah penduduk dan wisatawan domesik maupun internasional membuat sektor kuliner memberikan kontribusi yang besar kepada pendapatan Negara dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Penelitian ini mengkaji peluang bisnis dan kelayakan usaha inovasi produk rumah makan Sunda Ni Uty berdasarkan aspek-aspek kewirausahaan model Timmons. Rencana pengembangan usaha ini dimulai berdasarkan kriteria investasi Net Present Value, Payback Period, internal rate of return, dan net profit margin. Penelitian ini juga mengkaji dan merumuskan perencanaan bisnis berdasarkan aspek pemasaran, keuangan, oprasional dan keuangan. Hasil dari penelitian menunjukan investasi untuk perencanaan bisnis rumah makan Sunda Ni Uty sebesar Rp. 400,000,000.- dengan menggunakan pinjaman melalui perbankan. NPV Positif sebesar Rp. 1,130,091,210, IRR 91,42% NPM 12% dan waktu pengembalian investasi selama satu tahun. Hasil ini menunjukan bahwa perencanaan bisnis rumah makan Sunda Ni Uty layak untuk dilaksanakan karena dapat memberikan keuntungan
Description
Keywords
Rumah Makan Sunda, perencanaan bisnis, NPV, PP, IRR, NPM, Sundanese Restaurant, business planning
Citation
Collections