PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN COFFEE BREAK S CAFE BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN COFFEE BREAK S CAFE BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN COFFEE BREAK S CAFE BANDUNG
Author: Aria, Jeffry
Abstract: Cafe merupakan salah satu sarana dalam mengembangkan usaha jasa yang mempunyai peluang usaha yang cukup besar, karena Cafe selain menyediakan sarana untuk tempat makan dan minum juga sebagai tempat yang sangat digemari untuk melepaskan kepenatan bagi para pekerja di kota-kota besar. Coffee Break s Cafe suatu Cafe yang berkembang berusaha memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen dengan meningkatkan kualitas pelayanan secara tepat, yang diharapkan dapat memberikan kepuasan pada konsumen sehingga dapat tercipta kesetiaan konsumen. Karena konsumen yang merasa puas merupakan aset penting bagi perusahaan. Penelitian ini berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Coffee Break s Cafe Bandung, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode survey. Metode pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penyusunan skripsi ini dikumpulkan melalui metode Riset Lapangan (field research), data primer yang diperlukan dengan membagikan kuesioner kepada pihak yang berkepentingan dan hasilnya diolah serta dianalisis kemudian dibahas untuk mengambil keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang dilakukan Coffee Break s Cafe Bandung, meliputi unsur-unsur pelayanan yang diberikan yaitu perlengkapan dan fasilitas, kemudahan prosedur pelayanan, kemampuan karyawan dalam melayani konsumen, keinginan karyawan dalam membantu konsumen dan memberikan pelayanan dengan tanggap, jaminan terhadap kepuasan konsumen dan memberikan informasi yang jelas kepada konsumen. Sedangkan tanggapan terhadap kualitas pelayanan berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan baik, karena memiliki nilai sebesar 3,94 artinya kepuasan konsumen terhadap kinerja Coffee Break s Cafe dapat dinilai baik, dengan nilai rata-rata keseluruhan pernyataan sebesar 3,94 yang berada pada interval 3,40-4,19. sedangkan tanggapan konsumen terhadap kepuasan yang diharapkan berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan memuaskan adalah sebesar 3,92 artinya kualitas pelayanan yang diharapkan konsumen pada Coffee Break s Cafe dirasakan memuaskan yang berada pada interval 3,40 4,19. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman, diperoleh nilai rs sebesar 0.973. Karena nilai rs berada diantara 0,80 1,00 maka hubungan antara kualitas jasa dengan kepuasan konsumen dapat dikatakan sangat kuat. besarnya Koefisien determinasi sebesar 94,67%, artinya kualitas jasa mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 94,67%, sisanya sebesar 5,33% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak terukur. Dari penelitian uji hipotesis diperoleh nilai t tabel sebesar 1,672. Oleh karena itu dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (33,14 > 1,672), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kualitas jasa berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan yaitu Jika kualitas pelayanan yang diberikan baik, maka kepuasan konsumen akan meningkat dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/1092
Date: 2010-08-27


Files in this item

Files Size Format View Description
Jeffry Ariaflorencio S.pdf 407.9Kb PDF View/Open Complete File

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record