PENGARUH PEOPLE, PROCESS DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN EYE CENTER RUMAH SAKIT BAYUKARTA KARAWANG
No Thumbnail Available
Date
2017
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat yang dapat digunakan untuk membentuk karakteristik jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Bagi rumah sakit, tujuan bauran pemasaran adalah terjadinya kunjungan karena pelayanan yang bermutu sehingga membuat pasien puas dan menggunakan lagi penyedia jasa yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui pengaruh people, process dan physical evidence secaara parsial dan secara bersamaan (simultan) terhadap kepuasan pasien pada Eye Center RS. Bayukarta Karawang. Sampel penelitian ini adalah pasien Eye Center sebanyak 100 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dependen kepuasan pelanggan dipengaruhi secara signifikan oleh 3 (tiga) variabel independen yang terdiri dari people, process dan physical evidence , baik secara individual (parsial) maupun secara bersamasama (simultan).
Description
Keywords
people, process, physical evidence, kepuasan pasien, patient satisfaction