ANALISIS MARKETING MIX – 7P TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATU ANDESIT (STUDI KASUS PT SAMUDERA PERSADA)
No Thumbnail Available
Date
2018
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
PT Samudera Alam Persada merupakan perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang pertambangan serta pemasok bahan baku material tambang dan alat berat. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2014 serta memiliki wilayah operasi di Bogor dan Lampung. PT Samudera Alam Persada berfokus pada batuan andesit. Permasalahan yang sedang dialami oleh PT Samudera Alam Persada saat ini adalah terjadinya penurunan volume penjualan batu andesit. Berdasarkan grafik volume penjualan batu andesit di tahun 2016 dan tahun 2017 terjadi penurunan sebesar 12.5%. Hal ini merupakan penurunan yang cukup signifikan, mengingat sejak berdiri pada tahun 2014 volume penjualan batu andesit selalu mengalami kenaikan hingga tahun 2016. PT Samudera Alam Persada merupakan perusahaan yang baru berdiri sehingga sejauh ini belum menetapkan strategi pemasaran dengan baik. PT Samudera Alam Persada harus menetapkan strategi pemasaran untuk menghadapi persaingan yang terjadi di pasaran saat ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi pemasaran dengan menggunakan variabel dari AIDA model (attention, interest, desire dan action) terhadap keputusan pembelian batu andesit di PT Samudera Alam Persada dan untuk menganalisis variabel yang paling dominan terhadap keputusan pembelian batu andesit di PT Samudera Alam Persada. Data diperoleh dari kuisioner yang disebar kepada responden sebanyak 150. Namun hanya 64 data yang kembali sehingga dapat diolah. Pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasi regresi, analisis tabulasi silang, uji regresi, serta uji korelasi determinasi.
Hasil pengolahan data menunjukkan strategi pemasaran menggunakan variabel dari AIDA model yaitu attention (perhatian), interest (ketertarikan), desire (keinginan), dan action (tindakan) menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh terhadap keputusan pembelian batu andesit. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa variabel action merupakan variabel yang memiliki nilai thitung yang paling besar. Hal ini menunjukkan bahwa diantara variabel-variabel berdasarkan konsep AIDA yaitu attention, interest, desire dan action, variabel action dari AIDA model merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian batu andesit. Hasil perhitungan determinasi menunjukkan bahwa sebesar 18,4% keputusan pembelian batu andesit dipengaruhi oleh strategi pemasaran.
Description
Keywords
Strategi Pemasaran, AIDA Model, Keputusan Pembelian, Marketing Strategy, Purchasing Decision