Pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Nokia

Widyatama Repository

Pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Nokia

Show full item record

Title: Pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Nokia
Author: Prihartini, Yuli
Abstract: Positioning adalah tentang bagaimana suatu merek perusahaan dapat masuk dan menguasai benak pelanggan. Konsumen terlalu banyak dihadapkan dengan informasi tentang produk dan layanan. Konsumen tidak mungkin mengevaluasi ulang produk setiap saat memutuskan pembelian, sebaliknya dalam benak konsumen setiap produk atau merek akan dikelompokkan dalam sejumlah kategori. Penetapan posisi bukanlah kegiatan yang pemasar lakukan terhadap produk, melainkan merupakan kegiatan yang dilakukan pemasar terhadap pikiran calon pelanggan sehingga posisi produk dengan tepat dapat ditanamkan di benak pelanggan. Dengan demikian diharapkan akan meningkatkan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Berdasarkan pemikiran di atas, maka dalam penyusunan skripsi ini penulis mengemukakan judul: â Pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Nokiaâ . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian konsumen pada handphone Nokia. Penelitian ini dalam pelaksanaannya menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu sistem pemikiran atau suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data primer (melalui kuesioner) dan data sekunder (melalui literatur), sedangkan uji statistik yang digunakan adalah korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas responden menjawab setuju yang berarti konsumen menilai product positioning handphone Nokia telah dilaksanakan dengan baik, dan mengenai keputusan pembelian konsumen memberikan tanggapan positif dengan melakukan pembelian terhadap handphone Nokia secara rasional. Hubungan antara positioning dengan keputusan pembelian konsumen, berdasarkan uji korelasi Rank Spearman diperoleh nilai 0,656 artinya terdapat hubungan yang kuat dan positif antara positioning dengan keputusan pembelian konsumen. Pengaruh positioning terhadap keputusan pembelian konsumen berdasarkan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 43,03%, dan sisanya sebesar 56,97% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Hasil uji hipotesis, diperoleh nilai thitung sebesar 7,666 dan nilai ttabel sebesar 1,667 dengan tingkat kekeliruan 5%. Karena nilai thitung lebih besar dari pada ttabel, maka H0 ditolak, artinya product positioning handphone Nokia berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Sekalipun secara keseluruhan product positioning telah yang dilaksanakan berperan dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, namun hendaknya pelaksanaan product positioning lebih ditingkatkan lagi, untuk mengantisipasi tingkat persaingan dari produk sejenis yang semakin ketat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/999
Date: 2008-07


Files in this item

Files Size Format View
bab5.pdf 1.067Mb PDF View/Open
bab4c.pdf 1.870Mb PDF View/Open
bab4b.pdf 1.791Mb PDF View/Open
bab4a.pdf 1.699Mb PDF View/Open
bab3b.pdf 1.900Mb PDF View/Open
bab3a.pdf 1.768Mb PDF View/Open
bab2e.pdf 1.374Mb PDF View/Open
bab2d.pdf 1.105Mb PDF View/Open
bab2c.pdf 1.440Mb PDF View/Open
bab2b.pdf 1.367Mb PDF View/Open
bab2a.pdf 1.185Mb PDF View/Open
bab1.pdf 1.539Mb PDF View/Open
cover.pdf 76.86Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record