Tinjauan Tentang Pelaksanaan Pengukuran Kepuasan Pelanggan pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur.

Widyatama Repository

Tinjauan Tentang Pelaksanaan Pengukuran Kepuasan Pelanggan pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur.

Show full item record

Title: Tinjauan Tentang Pelaksanaan Pengukuran Kepuasan Pelanggan pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur.
Author: Megasari, Ria
Abstract: Pelayanan pelanggan merupakan unsur yang penting di dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan, oleh karena itu suatu perusahaan harus memberikan perhatian khusus pada kegiatan pelayanan dalam hal pemenuhan kebutuhan pelanggan dalam pelaksanaan untuk memuaskan pelanggan. Atas dasar itulah penulis tertarik menyusun Laporan Tugas Akhir dengan judul â Tinjauan tentang Pelaksanaan Pengukuran Kepuasan Pelanggan pada PT PLN ( Persero ) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur .â Adapun tujuan yang diteliti dalam penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah Untuk membahas secara teori pelaksanaan pengukuran kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur, untuk membahas secara teori kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur dalam pelaksanaan pengukuran kepuasan pelanggan serta untuk membahas secara teori solusi yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur dalam menghadapi kendala pada saat pengukuran kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk membuat gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai faktor-faktor dan sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur pada saat pengukuran kepuasaan pelanggan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengukuran telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan teori yang ada. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pengukuran kepuasan pelanggan, yaitu hasil pengukuran tidak dapat dijadikan tolak ukur pelayanan serta butir-butir pertanyaan dalam kuesioner kurang lengkap. Oleh karena itu dalam pelaksanaan pengukuran kepuasaan pelanggan penulis menyarankan pada PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur lebih memperhatikan citra perusahaan dimata pelanggan dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat. Selain itu PT PLN (Persero) Unit Pelayanan dan Jaringan (UPJ) Bandung Timur harus lebih meningkatkan kinerja pelayanannya terhadap pelanggan antara lain dengan petugas cepat tanggap atas keluhan pelanggan dan menyelesaikannya dengan tuntas, cepat dan tepat. Serta agar petugas dapat melayani konsumen dengan sopan dan ramah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/980
Date: 2008-08


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 431.5Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 457.2Kb PDF View/Open
bab5.pdf 62.20Kb PDF View/Open
cover.pdf 289.9Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record