Peranan Audit Internal dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan dan Penagihan Piutang (Studi Kasus pada PT. INTI Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Audit Internal dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan dan Penagihan Piutang (Studi Kasus pada PT. INTI Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Audit Internal dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan dan Penagihan Piutang (Studi Kasus pada PT. INTI Bandung)
Author: Trudeau, Unggul
Abstract: Penjualan merupakan unsur yang memegang peranan penting bagi perusahaan, karena dari aktivitas inilah perusahaan memperoleh pendapatan yang akan digunakan sebagai sumber biaya bagi kelangsungan hidup perusahaan. Dengan semakin berkembangnya perusahaan, ten tu saja aktivitas penjualan dan penagihan piutang pun akan semakin memegang peranan penting. Oleh karena itu, manajemen perlu pengendalian internal yang baik terhadap aktivitas penjualan dan penagihan piutang agar pelaksanaan tersebut dilakukan secara efek tif dan efisien serta tercapainya tujuan perusahaan. Agar pengendalian internal tersebut dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan manajemen maka pengendalian internal yang dilaksanakan perlu diawasi, dinilai dan dievaluasi oleh suatu bagian yang independent dari kegiatan operasional perusahaan, untuk membantu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen. Bagian independent yang dimaksud adalah bagian audit internal, yang bertugas membantu manajemen dalam melaksanakan tanggungjawabnya seca ra efektif. Berdasarkan pemikiran diatas, penulis melakukan penelitian pada PT. INTI Bandung yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul :â Peranan Audit Internal dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan dan Penagihan Piutang (Studi Kasus pada PT. INTI Bandung)â . Dalam penulisan skripsi ini, ruang lingkup penelitian dibatasi pada pembahasan mengenai manfaat internal audit dalam menunjang efektivitas pengendalian internal atas penjualan dan penagihan piutang, khususnya penjualan kredit dan penagihan piutang. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang menyimpulkan, menyajikan dan menganalisis data sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang diteliti dan menarik kesimpulan berdasarkan penelitian yang dilakukan. Data yang diperoleh penulis selama penelitian akan diolah, dianalisis dan diproses lebih lanjut dengan dasar teori yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis me lihat bahwa audit internal pada PT. Indokemas Sukses Makmur sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan dan penagihan piutang. Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan yaitu :â Audit Internal yang Memadai Berperan dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Internal Penjualan dan Penagihan â dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa audit internal perusahaan telah memadai sehingga berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal penjualan dan penagihan piutang. Adapun saran yang penulis sampaikan dalam skri psi ini yaitu mengenai syarat auditor internal, pelaksanaan pelatihan bagi auditor internal dan jumlah auditor yang efektif dalam melakukan audit, agar dapat dijadikan bahan pertimbangan guna meningkatkan kinerja perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/976
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
bab1-5.pdf 1.440Mb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record