Pengaruh Personal Selling Terhadap Penjualan Deposito Pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Cibinong

Widyatama Repository

Pengaruh Personal Selling Terhadap Penjualan Deposito Pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Cibinong

Show full item record

Title: Pengaruh Personal Selling Terhadap Penjualan Deposito Pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Cibinong
Author: Rama, Marrischa Poedja
Abstract: Personal Selling merupakan salah satu cara promosi yang dilakukan perusahaan yang memberikan sumbangan yang besar dalam kinerja pemasaran dan terus menerus memainkan peranan yang semakin berkembang, sehingga personal selling patut dipandang sebagai suatu cara atau alat promosi yang tepat dan efektif dalam rangka memasarkan produk kepada konsumen, khususnya pada suatu lembaga keuangan seperti bank. Diantara produk-produk bank yang ada, produk deposito dirasakan masih kurang mendapatkan perhatian dari konsumen, dalam hal ini personal selling dikatakan tepat untuk membuat konsumen sadar akan manfaat mendepositokan dananya di bank. Maka dari itu penulis mengambil penelitian yang berjudul â Pengaruh Personal Selling Terhadap Penjualan Deposito Pada PT. Bank Jabar Banten Cabang Cibinongâ , oleh Marrischa Puja Rama, di bawah bimbingan Ibu Sri Astuti Pratminingsih, S.E., M.A. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan personal selling, dan untuk mengetahui pengaruh aktivitas personal selling terhadap penjualan deposito yang dilakukan di PT. Bank Jabar Banten Cabang Cibinong. Dalam melakukan penelitian ini, metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif analisis. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui studi lapangan (field research) dan studi kepustakaan (library research), dimana penelitian lapangan dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara pada karyawan yang bersangkutan di PT. Bank Jabar Banten Cabang Cibinong. Berdasarkan pengolahan data yang didapat, pelaksanaan personal selling yang dilakukan oleh PT. Bank Jabar Banten Cabang Cibinong, sudah berjalan dengan baik. Ini terbukti dengan melihat hasil perhitungan yang telah dilakukan. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi Pearson terdapat hubungan yang cukup kuat (r=0,917) antara pelaksanaan personal selling terhadap penjualan deposito. Besarnya koefisien determinasi adalah 84,08%, artinya bahwa peningkatan ataupun penurunan penjualan deposito dipengaruhi oleh pelaksanaan personal selling sebesar 84,08% sedangkan sisanya sebesar 15,92% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan perhitungan analisis uji t dengan tingkat kekeliruan (α) sebesar 5%, maka diperoleh t = 3,981 dan t = 2,353 ini berarti nilai thitung > t, maka terbukti bahwa variabel personal selling mempunyai korelasi positif terhadap penjualan deposito. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan, yaitu â jika aktivitas personal selling ditingkatkan (dengan konsekuensi jumlah tenaga personal selling meningkat) maka jumlah penjualan deposito (ditunjukan oleh jumlah simpanan deposito) akan meningkat jugaâ dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/973
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 818.1Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 732.8Kb PDF View/Open
bab5.pdf 71.49Kb PDF View/Open
cover.pdf 78.36Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record