Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Harian Umum Pikiran Rakyat di Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Harian Umum Pikiran Rakyat di Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Harian Umum Pikiran Rakyat di Bandung
Author: Fauzia. M, Putri
Abstract: Dengan perusahaan memperhatikan atribut produknya sebagai kekuatan didalam memasarkan suatu produk, maka diharapkan perusahaan mampu memberikan kepuasan kepada konsumennya sehingga mampu menimbulkan loyalitas konsumen. Tidak terkecuali bagi surat kabar Pikiran Rakyat yang merupakan ikon surat kabar Jawa Barat yang memasarkan produknya di Jawa Barat dan Banten. Penulis melakukan penelitian dengan judul â Pengaruh Atribut Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Koran Harian Umum Pikiran Rakyat di Bandungâ . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktafakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki sedangkan sampel responden sebanyak 60 orang. Dari hasil penelitian Atribut produk koran Harian Umum Pikiran Rakyat dapat dikatakan baik, hal tersebut dilihat dari jawaban responden yang menyatakan sangat setuju sebanyak 16%, setuju 73,48%, cukup setuju 8,25%, tidak setuju 2,23% sedangkan yang menyatakan sangat tidak setuju hanya 0,05%. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen menanggapi dengan positif Atribut produk koran Harian Umum Pikiran Rakyat. Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian karena nilainya di bawah ratarata yaitu skor di bawah 3,91. Loyalitas konsumen dapat dikatakan tinggi, hal itu terlihat dari jawaban responden yang menyatakan sangat setuju sebanyak 16%, setuju 65%, cukup setuju 16%, tidak setuju 3%. Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian karena nilainya di bawah rata-rata yaitu skor di bawah 3,81. Pengaruh Atribut produk terhadap loyalitas pelanggan Koran Harian Umum Pikiran Rakyat di Bandung perhitungan didapat nilai Kd sebesar 66% dan sisanya 34% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Sedangkan perhitungan korelasi antara pengaruh atribut produk dengan loyalitas konsumen sebesar 0,81 berarti adanya hubungan yang sangat kuat antara Atribut produk dengan loyalitas pelanggan. Dalam pengujian hipotesis, diperoleh nilai t hitung sebesar 10,58 lebih besar dari t tabel sebesar 1,670. berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian hipotesis Atribut produk akan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan Koran H.U Pikiran Rakyat di Bandung, dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/971
Date: 2008-08


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 731.0Kb PDF View/Open
3s4.pdf 158.3Kb PDF View/Open
bab5.pdf 54.87Kb PDF View/Open
cover.pdf 28.76Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record