Pengaruh Diferensiasi Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Indonesia Broadband Communication TV Kabel Megavision Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Diferensiasi Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Indonesia Broadband Communication TV Kabel Megavision Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Diferensiasi Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Indonesia Broadband Communication TV Kabel Megavision Bandung
Author: Indrapura, Adythia Dwi
Abstract: Penelitian yang dilakukan penulis untuk melihat bagaimana pengaruh diferensiasi jasa TV Kabel terhadap tingkat loyalitas pelanggan pada PT. Indonesia Broadband Communication TV Kabel MEGAVISION. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan jenis penelitian metode survey dengan jenis penelitian deskriktif analisis. Variabel yang diteliti adalah diferensiasi jasa TV Kabel dan tingkat loyalitas pelanggan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah Wawancara, Kuesioner, Observasi, dan Telaah Dokumen. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 55 orang pelanggan di Perumahan Setrasari dan Cisitu Bandung. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis statistic. Analisis kualitatif meliputi deskripsi skor responden dan diagram kartesius. Sedangkan analisis analisis statistik meliputi analisis korelasi pearson, analisis koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan statistik uji t student. Analisis diagram kartesius diperoleh informasi bahwa atribut yang harus mendapat perhatian lebih serius adalah petugas lapangan datanag tepat waktu, proses pemasangan TV Kabel dilakukan tepat waktu, dan kecepatan dalam memperbaiki kerusakan jaringan TV Kabel. Hasil analis skor responden untuk tingkat loyalitas pelanggan diperoleh informasi bahwa secara umum pelanggan dapat dikatagorikan sebagai pelanggan yang loyal. Analisis korelasi pearson menghasilkan nilai sebesar 0,615. Nilai ini menujukkan bahwa adanya hubungan atau pengaruh yang kuat dari diferensiasi jasa TV Kabel terhadap loyalitas pelanggan pada PT Indonesia Broadband Communication TV Kabel MEGAVISION. Pengaruh yang terjadi adalah pengaruh positif dalam artian semakin puas pelanggan akan semakin tinggi terhadap layanan PT Indonesia Broadband Communication TV Kabel MEGAVISION. Perhitungan koefisien determinasi mengahsilkan nilai sebesar 37,82% perubahan-perubahan pada loyalitas pelanggan PT Indonesia Broadband Communication TV Kabel MEGAVISION dipengaruhi oleh pelaksanaan diferensiasi jasa TV Kabel. Sedangkan sisanya sebesar 62,18% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh factor lain. Untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan yang positif dari diferensiasi jasa TV Kabel terhadap tingkat loyalitas pelanggan, dilakukan perhitungan statistik uji t student dengan hasil nilai t hitung sebesar 5,678 dan lebih besar nilai t tabel untuk tingkat signifikansi 5% dan derajat bebas 53 yaitu 1,684. Hasil ini menunjukkan bahwa secara empiris dapat dibuktikan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari diferensiasi jasa TV Kabel terhadap loyalitas pelanggan pada PT Indonesia Broadband Communication TV Kabel MEGAVISION. Selain melakukan diferensiasi jasa TV Kabel, guna meningkatkan loyalitas pelanggan, perusahaan dapat melakukan strategi relationship marketing dalam artian perusahaan selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/970
Date: 2008-08


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 383.1Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.408Mb PDF View/Open
bab5.pdf 62.56Kb PDF View/Open
cover.pdf 76.76Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record