Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Dâ loops clothing Di Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Dâ loops clothing Di Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Dâ loops clothing Di Bandung
Author: Noor, Maesa Merdiana
Abstract: Maesa merdiana noor, 2008, â Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Dâ loops clothing Di Bandungâ . Dibawah bimbingan. Iwan Ridwansyah, S.E.,M.M. selaku dosen pembimbing. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul â Pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Dâ loops clothing di Bandungâ . Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui promosi penjualan yang dilaksanakan pada produk Dâ loops clothing , untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai promosi penjualan dalam melakukan pembelian produk Dâ loops clothing, untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai keputusan pembelian dalam melakukan pembelian produk Dâ loops clothing, dan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam melakukan pembelian produk Dâ loops clothing. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun sekelompok kelas peristiwa pada masa sekarang. Sedangkan metode verifikatif yaitu metode yang mencari korelasi atau hubungan kausal (menanyakan apakah ada hubungan atau pengaruh terhadap objek yang diteliti). Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah penelitian kepustakaan guna memperoleh data skunder, serta penelitian lapangan guna memperoleh data primer dengan wawancara dan penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden. Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner, dapat diketahui bahwa tanggapan responden terhadap promosi penjualan produk Dâ loops clothing adalah baik dengan nilai rata-rata 3,838 dan tanggapan responden terhadap keputusan pembelian juga baik dengan nilai Dâ loops clothing rata-rata sebesar 3,898. Selanjutnya perhitungan statistik terhadap variabel X yaitu promosi penjualan dan variabel Y yaitu keputusan pembelian konsumen diperoleh angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0,441 hal ini menunjukan bahwa pengaruh kedua variabel sedang dan searah. Sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 19,45 % artinya keputusan pembelian konsumen terhadap produk Dâ loops clothing dipengaruhi oleh promosi penjualan sebesar 19,45 % dan sisanya sebesar 80,55 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis misalnya: karakteristik konsumen, pemasaran, saluran distribusi, dan lain-lain. Pada pengujian hipotesis dengan uji signifikansi satu pihak, yaitu pihak kanan diperoleh nilai signifikansi thitung > ttabel (4.864 > 2.633), jelas terlihat bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau hipotesis diterima, artinya bahwa promosi penjualan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kesimpulannya adalah bahwa tujuan dari pelaksanaan promosi penjualan adalah untuk menarik perhatian para konsumen sehingga konsumen dapat membeli produk Dâ loops clothing. Oleh sebab itu Dâ loops clothing agar dapat lebih meningkatkan promosi penjualannya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/967
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 791.6Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 750.7Kb PDF View/Open
bab5.pdf 66.38Kb PDF View/Open
cover.pdf 120.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record