Tinjauan Atas Analisis Rasio Laporan Keuangan Dan Penerapan Analisis Du Pont Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (persero)

Widyatama Repository

Tinjauan Atas Analisis Rasio Laporan Keuangan Dan Penerapan Analisis Du Pont Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (persero)

Show full item record

Title: Tinjauan Atas Analisis Rasio Laporan Keuangan Dan Penerapan Analisis Du Pont Pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (persero)
Author: Nurholisoh, Shinta
Abstract: Perkembangan dunia usaha yang semakin kompetitif menuntut setiap perusahaan untuk dapat mengolah dan melaksanakan manajemen keuangan perusahaan menjadi lebih profesional. Melalui analisis rasio laporan keuangan manajemen dapat mengetahui kondisi, kinerja dan kekuatan keuangan perusahaan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah keuangan perusahaan. Dalam laporan tugas akhir ini penulis melakukan penelitian pada PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang berlokasi di Jl. Moch. Toha 77 Bandung. PT. INTI (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dan telah menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang dapat diperbandingkan, sehingga dapat diketahui posisi dan kinerja keuangan perusahaan. Laporan tugas akhir ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui penyajian laporan keuangan PT. INTI (Persero) dan untuk mengetahui kondisi perusahaan dengan menggunakan analisis rasio laporan keuangan dani penerapan analisis Du Pont pada PT. INTI (Persero) untuk periode 2004 sampai dengan 2006. Dalam laporan tugas akhir ini penulis melakukan penelitian dengan metode deskriptif analitis, yaitu metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan fakta dan data yang diperlukan untuk kemudian dianalisis dan disimpulkan, sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan studi kepustakaan (library research). Penelitian lapangan dilakukan dengan cara mengamati langsung kegiatan perusahaan dengan melakukan kerja praktik pada PT. INTI (Persero) divisi Jaringan Telekomunikasi Seluler (JTS) bagian Administrasi Keuangan. Sedangkan studi kepustakaan dilakukan dengan cara membaca dan mempelajari literatur-literatur yang berkaitan dengan judul laporan tugas akhir untuk lebih memahami teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis yang telah penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa kondisi PT. INTI (Persero) sebagai BUMN Non Infra dibidang industri strategis untuk tahun 2004 sampai dengan tahun 2006 masih berada dibawah bobot yang telah ditetapkan. Adapun saran penulis untuk perusahaan adalah perusahaan sebaiknya melakukan penambahan indikator penilaian atas rasio solvabilitas agar sesuai dengan teori, sedangkan untuk mengetahui hubungan rasio aktivitas dan rasio profitabilitas yang mempengaruhi besarnya ROI perusahaan dapat menerapkan analisis Du Pont.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/952
Date: 2008-08


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 340.1Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 594.7Kb PDF View/Open
bab5.pdf 37.59Kb PDF View/Open
cover.pdf 122.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record