Pengaruh Brand Image ULTRAMILK Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen ( Survey pada Mahasiswa Universitas Widyatama )

Widyatama Repository

Pengaruh Brand Image ULTRAMILK Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen ( Survey pada Mahasiswa Universitas Widyatama )

Show full item record

Title: Pengaruh Brand Image ULTRAMILK Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen ( Survey pada Mahasiswa Universitas Widyatama )
Author: Fitriani, Ria
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Ria Fitriani ( 02 04 231), Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, di bawah bimbingan Bapak Taufik Rachim, S.E., M.Si. Dengan judul â Pengaruh Brand Image ULTRAMILK Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumenâ . Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode survey. Tujuan dari pernyusunan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen terhadap brand image ULTRAMILK, untuk mengetahui bagaimana proses keputusan konsumen untuk membeli produk ULTRAMILK dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image tersebut terhadap proses keputusan pembelian konsumen. Dalam penyusunan skripsi ini penulis melakukan penelitian pada PT.Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk, yaitu perusahaan yang memproduksi minuman aseptik yang diproses dengan teknologi UHT (Ultra High Temperature). Agar dapat memenangkan persaingan, perusahaan harus mempunyai straregi pemasaran untuk produknya. Salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh ULTRAMILK adalah strategi penciptaan merek, dengan merek yang telah ada maka akan menciptakan image/citra yang positif di benak konsumen. Dengan begitu konsumen akan tertarik dan melakukan pembelian terhadap produk ULTRAMILK tersebut. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara kedua variabel, penulis menyebarkan kuesioner pada 100 orang responden. Dari hasil tanggapan responden tersebut dilakukan analisis dengan metode statistik dengan Korelasi Rank Spearman, Koefisien Determinasi r, dan statistik uji t. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tanggapan konsumen terhadap brand image ULTRAMILK adalah baik, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata secara keseluruhan atas pernyataan responden terhadap brand image ULTRAMILK adalah sebesar 4,07. Dan dari hasil penelitian bahwa keputusan pembelian konsumen untuk membeli produk ULTRAMILK adalah baik, yang ditunjukan dengan nilai rata-rata secara kesuluruhan atas pernyataan responden terhadap keputusan pembelian konsumen adalah sebesar 4,14. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image ULTRAMILK terhadap proses keputusan pembelian konsumen, digunakan analisis statistik yang didasarkan pada data-data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Hasil koefisien korelasi Rank Spearman sebesar rs = 0,695. Hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan searah antara kedua variabel. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi didapat angka sebesar 48,30%, yang menunjukan besarnya pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan sisanya sebesar 51,70% keputusan pembelian konsumen dipengaruhi variabel lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini. Kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tabel distribusi t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (9,568 > 1,663) yang berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Ini berarti terdapat hubungan positif yang signifikan antara brand image dengan proses keputusan pembelian konsumen, maka hipotesis yang diajukan penulis, yaitu: â Brand image yang baik mempunyai hubungan yang positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk ULTRAMILKâ , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/949
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 636.0Kb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.043Mb PDF View/Open
bab5.pdf 52.19Kb PDF View/Open
cover.pdf 102.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record