Pengaruh Customer Relationship Marketing (CRM)Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Java Star Tour and Travel Bandung

Widyatama Repository

Pengaruh Customer Relationship Marketing (CRM)Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Java Star Tour and Travel Bandung

Show full item record

Title: Pengaruh Customer Relationship Marketing (CRM)Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Java Star Tour and Travel Bandung
Author: Isnalia, Desi
Abstract: Dalam penelitian ini penulis memberi judul : Pengaruh Customer Relationship Marketing (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Java Star Tour and Travel Bandung. Dimana dalam penelitian ini penulis dibimbing oleh Bpk. Salim Munabi S.E.,M.M., selaku dosen pembimbing. Adanya persaingan yang semakin ketat sekarang ini, dibutuhkan sebuah inovasi baru dalam pelayanan yang dapat membuat para pelanggan benar-benar tidak mau berpindah kepada pesaing, hal ini harus dilakukan sebagai salah satu gebrakan untuk mempertahankan para pelanggan masing-masing di tengah persaingan yang semakin gencar sekarang ini. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan melakukan Customer Relationship Marketing (CRM) sehingga diharapkan timbulnya rasa loyalitas para pelanggan kepada PT. Java Star Tour and Travel Bandung. Metode yang digunakan adalah metode penelitian asosiatif. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar Customer Relationship Marketing (CRM) yang dilakukan oleh PT. Java Star, mengetahui Loyalitas Pelanggan pada PT. Java Star dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Java Star. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada para pemakai jasa PT. Java Star Tour and Travel khususnya pengguna jasa dalam pemesanan tiket pesawat . Untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan Customer Relationship Marketing (CRM) terhadap Loyalitas pelanggan dilakukan analisis Korelasi Rank Spearman, Analisis Determinasi, dan Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian mengenai Customer Relationship Marketing(CRM) dapat dilihat dari nilai rata-rata keseluruhan pernyataan didapat sebesar 4,02 yang berada di interval 3,40 â 4,19 dapat dikatakan baik, sedangkan berdasarkan hasil keseluruhan mengenai Loyalitas Pelanggan dilihat dari nilai rata â rata keseluruhan pernyataan didapat sebesar 3,99 yang berada pada interval 3,40 â 4,19 dapat dikatakan tinggi. Setelah itu dilakukan uji statistik dengan menggunakan korelasi rank spearman dan diperoleh nilai sebesar 0.93 yang menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat, jadi terdapat hubungan atau pengaruh yang sangat kuat antara Customer Relationship Marketing (CRM) dengan Loyalitas pelanggan, sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (Kd) sebesar 86% yang menunjukan bahwa 86% tingkat loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh pelaksanaan Customer Relationship Marketing (CRM) dan sisanya sebesar 14% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkan uji hipotesis thitung â ¥ ttabel yaitu 17.41 â ¥ 1.6788 yang berarti bahwa Customer Relationship Marketing (CRM) mempunyai korelasi positif terhadap tingkat Loyalitas pelanggan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaituâ Customer Relationship Marketing (CRM) berpengaruh positif Terhadap Loyalitas Pelangganâ dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/948
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 1.181Mb PDF View/Open
bab3-4.pdf 867.1Kb PDF View/Open
bab5.pdf 134.1Kb PDF View/Open
cover.pdf 127.8Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record