Pengaruh Kualitas Jasa SMS Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang Jatibarang

Widyatama Repository

Pengaruh Kualitas Jasa SMS Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang Jatibarang

Show full item record

Title: Pengaruh Kualitas Jasa SMS Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang Jatibarang
Author: Yulianty, Karlina
Abstract: Bank BRI merupakan salah satu bank yang memanfaatkan fasilitas sms yang terdapat dalam telepon mobile guna memberikan satu kemudahan kepada nasabah dan merupakan suatu ciri tersendiri. Fasilitas tersebut mempunyai keunggulan, dari sisi biaya tarif sms lebih murah dari percakapan biasa. Bank BRI menamakan produk layanan perbankan mereka dengan nama sms banking BRI 3300. Dalam penelitian ini penulis mengambil judul Pengaruh Kualitas Jasa SMS Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank BRI (Persero) Cabang Jatibarang. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui fasilitas yang ditawarkan dalam layanan SMS Banking BRI lalu tanggapan nasabah terhadap kualitas jasa SMS Banking BRI dan pengaruh kualitas jasa SMS banking terhadap loyalitas nasabah. Dari hasil penelitian bahwa fasilitas layanan SMS Banking BRI menggunakan sistim sms manual (SMS Plain) dengan kode akses 3300 dengan nama SMS Banking BRI 3300. Sedangkan Tanggapan nasabah terhadap kualitas jasa SMS Banking BRI dapat dikatakan baik, hal itu terlihat dari jawaban responden yang menyatakan sangat setuju sebanyak 49,13%, setuju 38,72%, cukup setuju 9,74%, tidak setuju 2,23% sedangkan yang menyatakan sangat tidak setuju hanya 0,17%. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen menanggapi dengan positif terhadap kualitas jasa SMS Banking BRI. Pengaruh kualitas jasa SMS banking terhadap loyalitas nasabah berdasarkan perhitungan didapat nilai Kd sebesar 11,35% yang merupakan pengaruh variabel kualitas jasa terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan perhitungan korelasi diperoleh hasil rs antara pengaruh kualitas jasa SMS Banking terhadap loyalitas nasabah sebesar 0,337, berarti adanya hubungan yang rendah antara pengaruh kualitas jasa SMS banking terhadap loyalitas nasabah. Dalam pengujian hipotesis penelitian, diperoleh nilai t hitung 2,726 lebih besar dari t tabel 1,6723 berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu jika kualitas jasa SMS Banking yang diberikan perusahaan semakin baik atau positif, maka loyalitas nasabah akan lebih meningkat dan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/947
Date: 2008-09


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 1.054Mb PDF View/Open
bab3-4.pdf 1.199Mb PDF View/Open
bab5.pdf 119.8Kb PDF View/Open
cover.pdf 64.82Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record