Pengaruh EarningPer Share terhadap Pertumbuhan Dividend Per Share (Penelitian terhadap Empat Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Alam yang Go Publik di BEI)

Widyatama Repository

Pengaruh EarningPer Share terhadap Pertumbuhan Dividend Per Share (Penelitian terhadap Empat Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Alam yang Go Publik di BEI)

Show full item record

Title: Pengaruh EarningPer Share terhadap Pertumbuhan Dividend Per Share (Penelitian terhadap Empat Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Alam yang Go Publik di BEI)
Author: Erniyawati, Luvi
Abstract: Skripsi ini dibuat dengan judul â Pengaruh EarningPer Share terhadap Pertumbuhan Dividend Per Share (Penelitian terhadap Empat Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Alam yang Go Publik di BEI)â , disusun oleh Luvi Erniyawati (0104340), dibimbing oleh Bapak Eddy Winarso, S.E., M.Si., Ak. sebagai pembimbing utama. Yang menjadi objek penelitian ini adalah empat perusahaan pertambangan yang go publik di BEI yaitu: PT. Apexindo Pratama Duta, Tbk., PT. Energi Mega Persada, Tbk., PT. Medco Energi Internasional, Tbk., PT. Perusahaan Gas Negara (Persero), Tbk. Tujuan penulis mengadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif antara Earning Per Share dan Dividend Per Share . Adapun hipotesis yang diajukan dalam penyusunan skripsi ini adalah â Terdapat pengaruh positif antara Earning Per Share dan pertumbuhan Dividend Per Shareâ . Metode penelitian yang digunakan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah metode asosiatif adalah jenis penelitian dengan karakteristik masalah berupa hubungan korelasional antara dua variabel atau lebih. Untuk mendukung metode tersebut, teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian survey dengan menggunakan data sekunder dan penelitian pustaka. Untuk menganalisis data-data yang penulis dapatkan dari Pojok BEJ Institut Teknologi Bandung, maka selanjutnya penulis melakukan perhitungan dengan menggunakan perhitungan statistik. Adapun analisis korelasi Product Moment bertujuan untuk mengetahui erat (kuat atau lemahnya) dan arah hubungan antara Earning Per Share terhadap pertumbuhan Dividend Per Share. Analisis koefisien determinasi (R²) menghasilkan 0.0068, selanjutnya diuji dengan F hitung yang menghasilkan 0.0091 sedangkan F tabel adalah sebesar 0.707 (dengan taraf kesalahan 5%). Karena F hitung < F tabel maka Ho1 diterima dan H11 ditolak. Artinya Earning Per Share tahun t, Dividend Per Share tahun t-1, dan Earning Per Share tahun t-1 (X1,X2,X3) secara bersama-sama tidak berpengaruh secar signifikan terhadap variabel Y (pertumbuhan Dividend Per Share). Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan, ternyata thitung = 1.1974 > ttabel = 0.950 yang berarti terdapat pengaruh yang positif antara Earning Per Share dengan pertumbuhan Dividend per Share, sehingga hipotesis yang diajukan penulis adalah â Terdapat pengaruh positif antara Earning Per Share dan pertumbuhan Dividend per Shareâ , dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/943
Date: 2008-08


Files in this item

Files Size Format View
bab1-2.pdf 1.115Mb PDF View/Open
bab3-4.pdf 862.3Kb PDF View/Open
bab5.pdf 799.9Kb PDF View/Open
cover.pdf 36.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record