Tinjauan Atas Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Biaya Pemasaran

Widyatama Repository

Tinjauan Atas Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Biaya Pemasaran

Show full item record

Title: Tinjauan Atas Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Bantu Manajemen Dalam Menunjang Efektivitas Biaya Pemasaran
Author: Yulika
Abstract: Dengan berkembangnya perekonomian yang demikian pesat, mengakibatkan persaingan yang ketat antar perusahaan. Perusahaan dituntut untuk menggerakkan kemampuan bersaing, antara lain dapat berupa harga jual yang kompetitif, yang didukung oleh kemampuan perusahaan untuk memenuhi permintaan pasar. Manajemen harus selalu memperhatikan masalah penggunaan sumber dayanya karena penggunaan sumber daya ekonomi akan merupakan biaya yang akan menggurangi pendapatan perusahaan. Perusahaan yang berskala besar, aktivitas perusahaan sudah meningkat akan menimbulkan kompleksitas dalam pengendalian biaya aktivitasnya. Dalam situasi ini, manajemen tidak mungkin lagi dapat melakukan pengawasan langsung terhadap kegiatan operasi perusahaan. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah akuntansi pertanggungjawaban, yaitu suatu sistem akuntansi yang mengumpulkan dan melaporkan kegiatan perusahaan sesuai dengan pusat-pusat pertanggungjawaban dengan tujuan agar dapat ditunjuk orang atau sekelompok orang yang bertanggung jawab. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada setiap pusat pertanggungjawaban akan menghasilkan informasi akuntansi pertanggungjawaban. Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan dasar untuk menganalisis prestasi manajer dalam melaksanakan rencara yang tertuang dalam anggaran mereka masing-masing dan untuk memotivasi para manajer. Sehingga perusahaan dapat memberi imbalan yang sesuai dengan kinerja atau usaha manajer yang bersangkutan. Penulis melakukan penelitian pada PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) Bandung yang kemudian lebih dikenal dengan PT. INTI, suatu perusahaan yang bergerak di bidang industri dan perakitan barang-barang elektronika serta pelayanan jasa telekomunikasi. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan penelitian melalui studi kasus, yaitu suatu kasus penelitian dilakukan pada suatu objek penelitian. Dalam mengumpulkan data penulis lakukan dengan cara wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan akuntansi pertanggungjawaban berperan dalam efektivitas biaya pemasaran pada PT. INTI (Persero) Bandung. Hipotesis yang diajukan adalah apabila akuntansi pertanggungjawaban diterapkan secara memadai dalam aktifitas perusahaan maka akan menunjang efektifitas biaya pemasaran. Dari hasil penelitian menunjukkan korelasi sebesar 0.907, artinya terdapat hubungan yang cukup kuat antara peranan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat bantu manajemen dan efektivitas biaya pemasaran. Kontribusi yang diberikan oleh akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas biaya pemesaran sebesar 82.26%, sedangkan sisanya sebesar 17.74% dipengaruhi faktor lain. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa akuntansi pertanggungjawaban berperan dalam meningkatkan efektivitas biaya pemasaran dan hipotesis yang diajukan dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/930
Date: 2005-12


Files in this item

Files Size Format View
bab1&2.pdf 176.0Kb PDF View/Open
bab3.pdf 694.0Kb PDF View/Open
bab4.pdf 1.072Mb PDF View/Open
bab5.pdf 91.53Kb PDF View/Open
cover.pdf 90.49Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record