Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk.)

Widyatama Repository

Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk.)

Show full item record

Title: Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk.)
Author: Sinaga, Sabam Junijar
Abstract: PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam bidang usaha industri makanan dan minuman terus mengadakan peningkatan diberbagai bidang salah satunya melalui peningkatan loyalitas konsumen dengan melaksanakan program Customer Relationship Management (CRM). Melalui program ini diharapkan para pelanggan khususnya para pelanggan retail menjadi loyal terhadap perusahaan Tujuan penelitian ini secara garis besar adalah untuk mengetahui bagaimana Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan oleh pihak PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. dan seberapa besar pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk., penulis, rekan-rekan mahasiswa dan pihak-pihak lain yang membutuhkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu metode penelitian dengan memberikan gambaran secara sistematis dan faktual mengenai fakta-fakta dan korelasi antara variable yang diteliti, kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan tentang pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Konsumen. Lokasi penelitian dilakukan pada PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. yang berlokasi di Jl. Raya Cimareme no. 131 Padalarang, Jawa Barat. Untuk mengukur dan menganalisa hubungan antara dua variable diatas, penulis menyebarkan kuesioner kepada 40 pelanggan retail. Kemudian dari hasil tanggapan responden dilakukan perhitungan dengan metode statistik, yaitu dengan menggunakan korelasi Rank Spearman, Statistik uji t, dan koefisien Determinasi. Penelitian skripsi ini berdasarkan analisis koefisien korelasi Rank Spearman yang menghasilkan r sebesar 0.59 dan pengujian analisis koefisien determinasi yang menunjukkan angka sebesar 34.81%, serta rumusan hipotesis yang menunjukkan hasil t hitung sebesar 4.5017 dimana t hitung > t tabel yaitu 1.6860 yang berarti menunjukkan adanya hubungan yang sedang dan searah antara variabel X (Customer Relationship Management) dengan variabel Y (Loyalitas Konsumen). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Customer Relationship Management (CRM) yang dilakukan oleh PT. Ultrajaya Milk Industry and Trading Company, Tbk. cukup berperan terhadap loyalitas konsumen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/929
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View
bab123.pdf 553.6Kb PDF View/Open
bab45.pdf 698.7Kb PDF View/Open
cover.pdf 48.86Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record