Fungsi Sistem Pengolahan Data Elektronik atas Aktivitas Pengendalian Tabungan (Studi kasus pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Pembantu Cimahi)

Widyatama Repository

Fungsi Sistem Pengolahan Data Elektronik atas Aktivitas Pengendalian Tabungan (Studi kasus pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Pembantu Cimahi)

Show full item record

Title: Fungsi Sistem Pengolahan Data Elektronik atas Aktivitas Pengendalian Tabungan (Studi kasus pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Pembantu Cimahi)
Author: Dinata, Martinus Putra
Abstract: Sistem informasi akuntansi adalah hal yang penting dalam rangka meningkatkan aktivitas pengendalian terutama dalam mendapatkan informasi atas tabungan yang akurat, karena tabungan merupakan bagian yang penting dalam siklus kelangsungan hidup perusahaan perbankan. Penanganan masalah perlu dilakukan dengan serius untuk menghindari adanya kemungkinan kecurangan dan penyelewengan yang dapat merugikan perusahaan dan karyawan, sehingga diperlukan suatu sistem, kebijakan, dan prosedur yang memadai. Untuk meningkatkan sistem informasi akuntansi diperlukan alat pendukung untuk mengolah data yang lebih dikenal sebagai sistem pengolahan data elektronik (SPDE). Sistem pengolahan data elektronik sangat bermanfaat bagi perusahaan, terutama dalam memberikan informasi yang cepat, tepat, dan akurat, serta membantu karyawan bagian pelayanan tabungan dalam menyusun dan mengolah data tabungan yang jumlahnya cukup banyak melalui hardware dan software yang dimiliki perusahaan. Aktivitas pengendalian atas tabungan merupakan hal yang sangat penting, karena tabungan merupakan unsur yang penting dalam menjalani kegiatan operasional perusahaan. Aktivitas pengendalian dapat berjalan baik bila didukung oleh: 1) Kaji ulang atas prestasi, 2) Pengolahan informasi, 3) Pengendalian phisik, 4) Pemisahan tugas. Berdasarkan hasil pemikiran penulis melakukan penelitian mengenai â Fungsi Sistem Pengolahan Data Elektronik atas Aktivitas Pengendalian Tabunganâ . Yang menjadi objek penelitian adalah PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Pembantu Cimahi. Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu metode penelitian yang bertujuan menggambarkan dan membahas keadaan perusahaan berdasarkan fakta yang ada disertai suatu analisis sehingga memberikan gambaran yang cukup jelas. Penulis melakukan wawancara dan observasi pada bagian yang berhubungan dengan masalah pengolahan data tabungan untuk memperoleh data primer sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur-literatur yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa sistem pengolahan data elektronik yang dilakukan oleh Bank BCA berfungsi dalam aktivitas pengendalian tabungan. Hal ini terlihat dari adanya unsur sistem pengolahan data elektronik yang memadai, tercapainya tujuan sistem pengolahan data elektronik dan terdapatnya komponen aktivitas pengendalian tabungan. Adapun saran yang penulis kemukakan sebagai bahan pertimbangan bagi Bank BCA Cabang Pembantu Cimahi agar ditempatkan personil perawatan sistem di setiap kantor capem agar tindakan koreksi dapat segera dilakukan, pelatihan yang berkesinambungan dan saling mendukung antara teller dan customer service officer serta pengulangan proses transaksi untuk kesalahan dalam menginput data.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/907
Date: 2007-01


Files in this item

Files Size Format View
content 1.pdf 1.034Mb PDF View/Open
content 2.pdf 1.231Mb PDF View/Open
content 3.pdf 123.9Kb PDF View/Open
cover.pdf 82.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record