Tinjauan Pelaksanaan Saluran Distribusi pada Perusahaan 347/eat cabang Bandung

Widyatama Repository

Tinjauan Pelaksanaan Saluran Distribusi pada Perusahaan 347/eat cabang Bandung

Show full item record

Title: Tinjauan Pelaksanaan Saluran Distribusi pada Perusahaan 347/eat cabang Bandung
Author: Kaman, R. Dhissye Delina
Abstract: Ketepatan perusahaan dalam menentukan saluran distribusinya akan sangat mendukung lancarnya penyaluran produk sampai ke tangan konsumen. Sesuai dengan uraian-uraian tersebut penulis tertarik untuk melakukan peninjauan menyangkut saluran distribusi yang dilaksanakan oleh perusahaan 347/eat cabang Bandung yang bergerak selaku produsen dan distributor produk pakaian jadi diperuntukkan untuk anak muda merek 347/eat, perusahaan 347/eat cabang Bandung dalam melaksanakan penyaluran produknya memiliki tujuan mendekatkan produk sedekat-dekatnya dengan konsumen. Dengan demikian, diharapkan konsumen menjadi lebih mudah didalam mendapatkan produk-produk perusahan dengan adanya kemudahan tersebut, kemungkinan konsumen untuk melakukan pembelian akan lebih besar. Perusahaan 347/eat cabang Bandung dalam melakukan penyaluran produknya dilakukan dengan cara saluran distribusi langsung untuk wilayah Bandung, sedangkan untuk wilayah luar Bandung menggunakan sistem tidak langsung. Dengan perbedaannya tersebut maka tingkatannya pun mempunyai dua jenis tingkatan yang dilaksanakan oleh perusahaan 347/eat yaitu saluran distribusi satu tingkat dan saluran distribusi langsung atau level nol, dimana pada saluran distribusi langsung karena perusahaan 347/eat sendiri merupakan produsen dari produk pakai jadi merek 347/eat maka menyalurkan sendiri produknya dengan membuka beberapa cabang toko di Bandung, sedangkan untuk saluran distribusi tingkat satu menggunakan satu perantara yang ditunjuk atau dipercaya oleh perusahaan agar sampai kekonsumen akhir diluar wilayah kota Bandung. Perusahaan 347/eat cabang Bandung menetapkan ada beberapa faktor yang diperhatikan dalam pemilihan saluran distribusi, yaitu faktor produk, faktor produsen dan faktor pasar, dalam pelaksanaannya perusahaan 347/eat cabang Bandung memiliki beberapa masalah atau kendala yang sedikit menghambat proses pendistribusian produknya, yaitu Sulitnya penyaluran barang yang potensial, Tidak mencukupinya sumber daya manusia yang ada pada divisi distribusi, produk jual yang belum siap, Job description yang belum tetap pada divisi distribusi dan perusahaan pesaing, Maka perusahaan mengatasi masalah ini dengan menambah sumber daya manusianya, menyeleksi para pekerja produksi lebih cermat dan menjadwalkan pendistribusian dengan lebih baik agar produk sampai kekonsumen dengan baik, memberikan kualitas yang bagus kepada konsumen dan agar tidak menghambat menjual produk sebanyak-banyaknya kekonsumen.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/906
Date: 2006-11


Files in this item

Files Size Format View
content 1.pdf 711.0Kb PDF View/Open
content 2.pdf 535.4Kb PDF View/Open
cover.pdf 53.81Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record