Analisis faktor-faktor penentu nilai produk Flexi Trendy bagi pelanggan.

Widyatama Repository

Analisis faktor-faktor penentu nilai produk Flexi Trendy bagi pelanggan.

Show full item record

Title: Analisis faktor-faktor penentu nilai produk Flexi Trendy bagi pelanggan.
Author: Irmanzah, Adi
Abstract: Di Indonesia tercatat ada 4 operator yang menggunakan teknologi CDMA 2000-1X yaitu PT.Telkom, Bakrie Telecom, Mobile-8 dan Indosat. PT.Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di indonesia dengan produknya Telkom Flexi menghadapi tantangan jangka pendek maupun jangka panjang yaitu krisis ekonomi yang belum pulih akan mempengaruhi daya beli masyarakat dalam mengkonsumsi produk jasa telepon bergerak dan munculnya operator/pemain baru yang akan mempengaruhi perolehan pangsa pasar. Dengan semakin ketatnya persaingan antara provider selular membuat konsumen semakin banyak memiliki alternatif pilihan dalam memenuhi keinginannya Dalam kondisi demikian untuk mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar, perusahaan dituntut untuk dapat menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Hal ini perlu diperhatikan agar pelanggan tidak beralih ke pesaing yang ada. Untuk menghadapi persaingan yang ketat antar sesama provider maka setiap provider selular harus semakin memperbaiki diri baik dari segi produk yang ditawarkan, harga, distribusi, promosi serta pelayanaan yang diberikan kepada pelanggan. Salah satu produk Telkom Flexi yang memberikan nilai lebih bagi pelanggannya adalah Flexi Trendy. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis faktor-faktor penentu apa saja yang menentukan nilai produk Flexi Trendy bagi pelanggan di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekploratori. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik pengambilan sampling yaitu convenience sampling. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Flexi Trendy di Yogyakarta dengan sampel yang digunakan untuk kepentingan penelitian adalah sebanyak 100 responden. Adapun faktor-faktor penentu nilai produk Flexi Trendy bagi pelanggan berdasarkan hasil penelitian analisis faktor yang dilakukan penulis adalah sebagai berikut : ô Faktor utama 1 (Manfaat utama produk) terdiri dari variabel Coverage Area flexi, kemudahan mendapat sinyal di setiap tempat, komunikasi yang tidak terputus-putus, kejelasan suara lawan bicara dan kualitas panggilan. ô Faktor utama 2 (Manfaat pelayanan) terdiri dari variabel ketersediaan informasi yang aktual di setiap outlet flexi dan lokasi flexi center yang strategis. ô Faktor utama 3 (Tarif) terdiri dari variabel tarif akses data internet ô Faktor utama 4 (Kepribadian/Personality) terdiri dari variabel Flexi sesuai dangan gaya hidup anda. ô Faktor utama 5 (Harga produk) terdiri dari variabel harga kartu perdana flexi yang dijual sama disetiap outlet. ô Faktor utama 6 (Teknologi keamanan dan informasi) terdiri dari variabel aman dari penyadapan pulsa dan variabel kemudahan memahami informasi iklan produk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/904
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View
content 1.pdf 520.7Kb PDF View/Open
content 2.pdf 4.598Mb PDF View/Open
content 3.pdf 157.8Kb PDF View/Open
cover.pdf 80.67Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record