Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Meningkatkan Kinerja Manajer Pusat Laba (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Meningkatkan Kinerja Manajer Pusat Laba (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) Bandung)

Show simple item record

dc.contributor.author Mariska
dc.date.accessioned 2009-03-24T05:47:46Z
dc.date.available 2009-03-24T05:47:46Z
dc.date.issued 2006-11
dc.identifier.other 0102242
dc.identifier.uri http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/903
dc.description.abstract Dalam hal layanan jasa komunikasi, selain dalam bentuk telekomunikasi, media cetak, dan lainnya, bidang pelayanan dalam bentuk jasa pos sangat diperlukan bagi kelancaran dalam berhubungan dengan berbagai pihak. Karena pentingnya perusahaan tersebut, maka perusahaan harus mengembangkan usaha sedemikian rupa agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan berkembangnya perusahaan diharapkan dapat meningkatkan laba perusahaan. Pusat laba adalah salah satu pusat pertanggungjawaban yang memiliki peranan penting bagi perusahaan yang berorientasi pada laba, karena laba merupakan sumber utama kelangsungan hidup perusahaan. Manajer pusat laba menyusun sebuah anggaran laba untuk dijadikan pedoman pelaksanaan kegiatan perusahaan. Agar kinerja manajer pusat laba dapat diukur, maka akuntansi pertanggungjawaban perlu ditetapkan agar informasi yang dihasilkan dapat berperan untuk menilai atau mengevaluasi kinerja manajer pusat laba sehingga kinerjanya dapat ditingkatkan. Penelitian dilakukan pada PT Pos Indonesia (Persero) Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kememadaiannya penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT Pos Indonesia (Persero) dan mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam meningkatkan kinerja manajer pusat laba. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu melalui fakta yang diperoleh dari penelitian kemudian diproses lebih lanjut dengan dasar teori yang ada. Sedangkan untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini digunakan teknik penelitian lapangan dengan instrumen berupa kuesioner dan penelitian kepustakaan untuk mendapatkan data sekunder sebagai landasan teoritis yang dipakai untuk dasar pertimbangan dengan kenyataan yang ada selama dilakukannya penelitian. Penulis juga melakukan wawancara dan observasi langsung untuk memperoleh data primer. Dari hasil penelitian diperoleh perhitungan sebesar 80,71 % yang berarti hipotesis yang diajukan dapat diterima. Hal ini ditunjang dengan peranan akuntansi pertanggungjawaban yang cukup memadai untuk meningkatkan kinerja manajer pusat laba, dengan hasil anggaran dan realisasi laba PT Pos Indonesia (Persero) tahun 2005 sebesar Rp. 130.000.000.000,00 dan Rp. 111.874.542.397,00 yang berarti dapat mencapai target laba sebesar 86,42 %, dan terdapatnya peningkatan laba usaha dari tahun 2004 ke tahun 2005 sebesar 0,56 %. en
dc.language.iso other en
dc.publisher Universitas Widyatama en
dc.relation.ispartofseries A.5579;
dc.subject Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban en
dc.title Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban dalam Meningkatkan Kinerja Manajer Pusat Laba (Studi kasus pada PT Pos Indonesia (Persero) Bandung) en
dc.type Thesis en


Files in this item

Files Size Format View
content 1.pdf 1.296Mb PDF View/Open
content 2.pdf 1.010Mb PDF View/Open
content 3.pdf 308.1Kb PDF View/Open
cover.pdf 127.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record