Analisis Pengendalian Kualitas dalam Upaya Mengendalikan Kualitas Produk Cacat pada CV. Abadi Plastik

Widyatama Repository

Analisis Pengendalian Kualitas dalam Upaya Mengendalikan Kualitas Produk Cacat pada CV. Abadi Plastik

Show full item record

Title: Analisis Pengendalian Kualitas dalam Upaya Mengendalikan Kualitas Produk Cacat pada CV. Abadi Plastik
Author: Bengawan, Gusly
Abstract: Judul penelitian ini adalah â Analisis Pengendalian Kualitas dalam Upaya Mengendalikan Kualitas Produk Cacat pada CV. Abadi Plastikâ . Dosen Pembimbing dalam penelitian ini yaitu Ibu Tanti Irawati, S.E., M.M.. CV. Abadi Plastik adalah perusahaan penghasil plastik blowing dengan orientasi pasar lokal, sehingga harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya agar dapat memenangkan persaingan yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengendalian kualitas. Selama ini, pengendalian kualitas di CV. Abadi Plastik dilakukan dengan cara inspeksi pada kualitas bahan baku, proses produksi dan hasil produksi. Penelitian yang dilakukan terhadap CV. Abadi Plastik menggunakan metode Statistical Quality Control (SQC). Pengendalian kualitas terhadap hasil produksi dilakukan dengan membuat peta kendali - u yang digunakan untuk menganalisis produk yang mengalami cacat atau ketidaksesuaian per unit dan masih dapat diperbaiki. Dilengkapi dengan check sheet, histogram, diagram pareto dan diagram sebab akibat. Setelah membuat peta kendali - u, langkah selanjutnya adalah melakukan uji keseragaman data, yaitu dengan menghilangkan titik - titik yang berada di luar batas kendali sebanyak 2 data yaitu 11 dan 15. Setelah semua data sampel berada di dalam batas kendali, yang berarti data telah seragam, maka dilakukan uji kecukupan data. Setelah dilakukan analisis terhadap peta kendali yang sudah seragam tersebut, didapatkan bahwa masih terjadi penyimpangan yang berupa kecenderungan naik. Berdasarkan diagram pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah untuk jenis kecacatan berupa setengah jadi (44,81%) dan pecah (21,19%). Dari analisis dengan menggunakan diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab kecacatan yang utama adalah faktor manusia, bahan baku dan mesin, sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan dan perbaikan untuk mengurangi produk cacat dan meningkatkan kualitas produk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/881
Date: 2006-03


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.608Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 3.762Mb PDF View/Open content 2
content 3.pdf 83.98Kb PDF View/Open content 3
cover.pdf 131.6Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record