Peranan Standar Akuntansi Syariah dalam Pengelolaan Transaksi Keuangan pada Bank Syariah (Studi Kasus pada PT. Bank Jabar Cabang Syariah Bandung)

Widyatama Repository

Peranan Standar Akuntansi Syariah dalam Pengelolaan Transaksi Keuangan pada Bank Syariah (Studi Kasus pada PT. Bank Jabar Cabang Syariah Bandung)

Show full item record

Title: Peranan Standar Akuntansi Syariah dalam Pengelolaan Transaksi Keuangan pada Bank Syariah (Studi Kasus pada PT. Bank Jabar Cabang Syariah Bandung)
Author: Desita, Dini
Abstract: Pandangan hidup Islam memiliki keserasian yang mendalam sama dengan jiwa dengan gaya pelaksanaan dan penerapannya. Kepatuhan dari nlai-nilai ekonomi kepada nilai moral dan nilai spiritual memungkinkan untuk menggabungkan kehidupan duniawi dengan kehidupan akhirat, aspek-aspek ekonomi dengan kehidupan yang lain, individu dengan mayarakat dan hukum dengan penyesuaian moral sebagai metode rekonstruksi sosial. Keberadaan akuntansi syariah mengenai Pengelolaan Transaksi Keuangan dari dulu sebenarnya telah dikenal oleh umat Islam, hal ini dapat dilihat melalui pedoman suci umat Islam yaitu Al-Qurâ an dalam surat Al-Baqarah ayat 282 yang merupakan ayat terpanjang dalam Al-Qurâ an. Dari latar belakang pemikiran yang telah diuraikan di atas itulah maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada beberapa bank di kota Bandung yang sekarang telah bergerak juga di bidang divisi syariah, mengenai peranan Standar Akuntansi Syariah dalam Pengelolaan Transaksi Keuangan pada Bank Syariah. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai penerapan standar akuntansi syariah, pengelolaan transaksi keuangan serta untuk mengetahui dan menilai hubungan standar akuntansi syariah dengan pengelolaan transaksi keuangan pada bank syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi dengan pendekatan kuantitatif yang meliputi tahap-tahap: penentuan variable penelitian, rancangan pengujian hipotesis dan teknik pengumpulan data serta penentuan lokasi penelitian yaitu pada beberapa bank syariah cabang Bandung. Pengumpulan data primer dilakukan melalui observasi langsung serta melalui wawancara dengan pejabat atau pegawai yang terlibat dengan aktivitas pengelolaan transaksi keuangan dan juga memberikan kuesioner yang ditujukan pada seksi-seksi yang terlibat dalam aktivitas pengelolaan transaksi keuangan. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan melakukan riset kepustakaan. Untuk menguji ada atau tidaknya hubungan antara standar akuntansi syariah dengan pengelolaan transaksi keuangan pada bank syariah digunakan koefisien korelasi rank spearman dengan n = 10 dan tingkat signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan (0,860) lebih besar dari nilai batas kritis dari table (0,564) yang berarti hipotesis yang penulis kemukakan dapat diterima, yaitu â Jika Standar Akuntansi Syariah dapat dilaksanakan dengan baik maka Pengelolaan Transaksi Keuangan yang berbasis syariah pada Bank Syariah akan tercapaiâ dan besar peranan Standar Akuntansi Syariah dalam Pengelolaan Transaksi Keuangan pada bank syariah adalah sebesar 73,96%.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/868
Date: 2006-02


Files in this item

Files Size Format View Description
content 1.pdf 1.388Mb PDF View/Open content 1
content 2.pdf 1.640Mb PDF View/Open content 2
content 3.pdf 86.97Kb PDF View/Open content 3
cover.pdf 276.7Kb PDF View/Open cover

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record